PPKM, Pendapatan PKB Turun 15 Persen

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat level IV oleh pemerintah pusat, berpengaruh terhadap pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB). Akibatnya pendapatan PKB Provinsi Lampung merosot hingga 15 persen.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah. Ia mengatakan, PPKM daruruat Level IV berpengaruh terhadap turunnya pendapatan pajak.


“Ada pengaruh selama PPKM. Penurunan penerimaan dari PKB (Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), khusunya pemutihan yang tengah berlangsung ini ada penurunan sekitar 15 persen dibandingkan dengan bulan yang lalu,” ungkapnya, Sabtu (31/7).

Menurutnya, pendapatan dari pemutihan bulan lalu, mencapai Rp 33 Miliar. Sedangkan sampai saat ini pendapatan dari pemutihan pajak sekitar Rp28 Miliar atau turun 15 persen. Hal itu dikarenakan, pelayanan di mal yang tutup saat berlangsungnya PPKM.

Baca Juga:   Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir 3 Hari ke Depan

“Memang kemarin (bulan lalu, red) meningkat saat ada pelayanan digerai mal, tapi saat ini dua gerai di MBK dan Chandra Tanjungkarang ditutup maka sangat mempengaruhi,” ungkapnya.

Adi berharap bahwa masa PPKM ini masyarakat ini hanya menunda pembayaran saja dan bukan mengurungkan niatnya untuk mengikuti pemutihan. Serta berharap bulan Agustus bisa normal kembali.

Dimana, menurutnya, Samsat mal dan kontainer ini juga sangat berpengaruh saat di tutup. “Kemarin samsat kontainer ditutup karena ada personel yang terpapar Covid-19, sehingga semua tim harus diisolasikan dan digantikan yang lainnya,” ucapnya.

Namun dirinya menegaskan, pada saat PPKM ini samsat induk tetap dibuka dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat. Dampak dari PPKM itu juga personel hanya boleh masuk 50 persen.

Baca Juga:   Bibit Padi Hibrida Mahal, Tapi Bisa Panen Dua Kali Lipat

Diketahui, Jumlah penerimaan totalnya dari pemutihan sampai dengan 28 Juli mencapai sekitar Rp 112 Miliar. Dengan jumlah kendaraan motor (R2) itu sebanyak 105.402 untuk dan mobil (R4) mencapai 44.436 kendaraan.

Jika dikalkulasikan semuanya mencapai 149.838 unit kendaraan baik motor dan mobil. Pajak kendaraan Rp. 112 Miliar dengan 149.838 kendaraan itu yang sudah didapatkan dari program pemutihan selama 4 bulan. (Pip/yud)




  • Bagikan