Prediksi Belgia vs Tunisia: Risiko Sebuah Ambisi Besar

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Kepercayaan diri tinggi tengah menaungi kubu Belgia. Penyebabnya sudah pasti kemenangan meyakinkan Red Devils, julukan Belgia, atas Panama di laga pertama. Wakil Concacaf itu dicukur Belgia dengan tiga gol tanpa balas.

Hasil positif tersebut menunjukkan buah manis dari proses yang telah mereka jalani lebih dari tiga tahun ke belakang. Sebagian besar skuad Belgia yang dibawa pelatih Roberto Martinez ke Rusia merupakan bagian utama dari pasukan yang disiapkan sebelum tampil di Euro 2016.

“Kami telah menunjukkan di laga kontra Panama, bahwa kami bisa mengandalkan kepada pengalaman kami. Tujuh puluh lima persen dari pemain telah saling mengenal dalam waktu lama. Kami punya kemampuan untuk mengatur emosi dari sebuah laga dengan lebih baik. Ini menjadi aset kami di laga nanti,” ucap Axel Witsel di laman resmi FIFA.

Laga yang dimaksud Axel tak lain adalah pertemuan Belgia dengan Tunisia. Pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (23/6) malam tersebut bisa menjadi pemasti langkah Belgia ke babak berikutnya. Dengan catatan, mereka berhasil meraih tambahan tiga poin.

Upaya tersebut dinilai pelatih Roberto Martinez tidak akan mudah. Pasalnya, Tunisia telah menunjukkan perkembangan positif dari waktu ke waktu. Belgia harus bisa bermain lebih baik daripada saat bertemu Panama untuk bisa meraih hasil positif di laga nanti.

Baca Juga:   Ini Instruksi Walikota Terkait Bandarlampung Masuk dalam Kategori PPKM Level 4

“Tunisia telah mengalami evolusi. Para pemain mereka mampu mengejutkan banyak tim. Skuad Tunisia bisa fleksibel dan mungkin tim paling dinamis yang pernah kami hadapi. Kami butuh menjadi diri kami sendiri saat berhadapan dengan mereka dan tampil lebih baik dari yang kami tunjukkan saat melawan Panama,” ungkap Martinez.

Peringatan Martinez memang cukup beralasan. Karena Tunisia pasti mengincar poin penuh setelah di laga pertama ditaklukkan Inggris 1-2. Tidak ada jalan bagi kecuali meraih kemenangan agar napas Tunisia di Piala Dunia bisa tetap panjang.

Penampilan The Carthage Eagles, julukan Tunisia, sebenarnya tak terlalu buruk di laga melawan Inggris. Pertahanan mereka sempat begitu solid dan sulit dibobol. Namun akhirnya mereka harus takluk melalui dua kondisi set pieces.

Melawan Belgia, Tunisia tak bisa lagi bermain defensif. Mereka harus lebih menyerang untuk membuka banyak peluang mencetak gol. Meskipun, dengan risiko bakal membuat Belgia lebih leluasa menerobos pertahanan mereka.

Baca Juga:   Kabar Duka, Walpri Gubernur Lampung Tutup Usia

Tak ada hasil yang diraih tanpa sebuah risiko. Untuk itu, Tunisia tampaknya bakal mengambil risiko tersebut. Demi menjaga napas dan perjalanan mereka di Piala Dunia 2018.

Pertemuan Terakhir
08/06/14: Belgia 1-0 Tunisia
10/06/02: Tunisia 1-1 Belgia
26/02/92: Tunisia 2-1 Belgia

5 Pertandingan Terakhir Belgia
18/06/18: Belgia 3-0 Panama
12/06/18: Belgia 4-1 Kosta Rika
07/06/18: Belgia 3-0 Mesir
03/06/18: Belgia 0-0 Portugal
28/03/18: Belgia 4-0 Arab Saudi

5 Pertandingan Terakhir Tunisia
19/06/18: Tunisia 1-2 Inggris
10/06/18: Tunisia 0-1 Spanyol
02/06/18: Tunisia 2-2 Turki
29/05/18: Portugal 2-2 Tunisia
28/03/18: Tunisia 1-0 Kosta Rika

Perkiraan susunan pemain
Belgia (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Thomas Meunier; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Tunisia (4-4-2): Farouk Ben Mustapha; Yassine Meriah, Syam Ben Yousef, Dylan Bronn, Oussama Haddadi; Ellyes Skhiri, Anice Badri, Ferjani Sassi; Fakhreddine Ben Youssef, Wahbi Khazri, Naim Sliti
Pelatih: Nabil Maaloul

Wasit: Jair Marrufo (Amerika Serikat)
Stadion: Spartak Stadium, Moskow

Prediksi JawaPos.com:
Belgia menang: 50%
Tunisia menang: 30%
Seri: 20%

(jpc/ang)




  • Bagikan