Presiden Intruksikan Penurunan Harga Tes Swab PCR

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ONMANORAMA.COM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Presiden Joko Widodo meminta harga tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 diturunkan. Permintaan ini disampaikan Jokowi -sapaan akrab Presiden Joko Widodo- melalui siaran persnya di laman YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8).

“Salah satu cara memperbanyak testing adalah dengan menurunkan harga tes PCR. Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini. Saya minta biaya tes PCR Rp450 ribu sampai Rp550 ribu,” ungkap Jokowi.


Presiden juga meminta kecepatan hasil tes. Yang berfungsi sebagai testing. Sehingga penanganan dapat cepat dilakukan. “Selain itu saya minta agar tes PCR dapat diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1×24 jam. Kita butuh kecepatan,” tambahnya.

Baca Juga:   Penyaluran DD Tahap 2 Lamtim Terealisasi Rp86 M Lebih

Dari pengalaman yang pernah dirasakan Radar Lampung, untuk swab PCR Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung seharga Rp900 ribu per 1x PCR, hasilnya keluar dalam satu hingga dua hari setelah tes.

Kemudian adapula swab PCR di Laboratorium Intibios dengan harga PCR tes Rp900 ribu hingga Rp1,5 juta, dengan hasil yang keluar mulai hari yang sama sampai dua hari setelah tes.

Sementara di Labklinik Kimia Farma Lampung, swab PCR seharga Rp900 ribu per satu kali tes. Hasilnya disebutkan dua hari setelah tes. (rma/sur)




  • Bagikan