Presiden Jokowi Batal Hadir di Sarasehan Nasional FRPKB


Ketua FRPKB Prof Dr. Karomani M.Si. foto bersama seluruh rektor dan tamu undangan saat pembukaan Saresehan Nasional dan Bedah Buku Rampai Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa 2021, di Student Center FEB Universitas Lampung, Rabu (22/12). FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sarasehan Nasional dan Bedah Buku Rampai Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) 2021 resmi dibuka oleh Ketua FRPB Prof. Dr. Karomani, M.Si., di gedung Student Center FEB Universitas Lampung, Rabu (22/12).

Presiden Joko Widodo yang diagendakan membuka resmi kegiatan itu batal hadir. “Kita sudah siapkan undangan untuk bapak presiden. Tetapi saya mendapatkan informasi dua jam sebelum acara dimulai, ada satu dan lain hal, beliau berhalangan hadir dan langsung menuju Jakarta. Kita doakan beliau sehat dalam mengemban tugas negara, sehat wal afiat,” kata Prof. Karomani usai membuka sarasehan.





Açara yang dihadiri Sekretaris FRPKB Prof. Fathur Rahman beserta 48 rektor perguruan tinggi itu akan melanjutkan program seperti dalam Deklarasi Lampung.

Baca Juga:   Cabuli Anak Didiknya, Oknum Guru Divonis 5 Tahun dan Denda Rp1 Miliar

“Acara selanjutnya, kita akan terus melakukan program-program seperti yang ada pada deklarasi dengan tujuan bersama-sama membangun karakter bangsa, utamanya di perguruan tinggi,” sebut Rektor Unila ini.

Deklarasi Lampung ini berisi dukungan dan berperan secara aktif dalam implementasi Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024. Ini dilakukan melalui kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan pada masing-masing kampus.

Kemudian mendukung dan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi dengan segera membentuk satuan tugas dan secara aktif melakukan pencegahan dan penanganan sesuai ketentuan.

Baca Juga:   Keributan di Tokyo Space Cafe, Anggota TNI AD Tewas Tertusuk

Selain itu, besok dijadwalkan penandatanganan MoU dengan beberapa pihak seperti Mahkamah Agung dan KPK. Malam harinya, dilanjutkan dengan bedah buku. (mel/ais)