Presiden Jokowi Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok.

Vaksinasi tersebut, diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Pada kunjungan ini, Presiden menyaksikan langsung penyuntikan vaksinasi kepada warga Lansia dengan KTP Nasional beserta Pendamping. Turut mendampingi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dan Direktur RSUI dr. Astuti Giantini.  Pusat penyuntikan vaksinasi ini, beroperasi sejak Maret 2021 lalu dan terus diperpanjang hingga akhir Juli 2021.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, Hingga saat ini, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit telah menyuntik vaksin Covid-19 kepada lebih dari 31 ribu orang.

Baca Juga:   Wardah Inspiring Teacher Siap Rangkul Guru Inspiratif di seluruh Indonesia

Selain warga lanjut usia 60 tahun ke atas, vaksinasi juga sudah diberikan kepada kalangan pengajar, dosen, relawan, SDM Kesehatan, serta Pelayan Publik seperti pekerja angkutan umum, baik ojek maupun pengemudi angkot.

“Dalam sehari, di sentra vaksinasi ini mampu menyuntik hingga 1.000 orang. Kami sangat senang, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit sejauh ini bisa ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19,” ungkap Dian, Rabu (9/6).

Dian menjelaskan, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri melihat vaksinasi, baik dilakukan secara drive thru di Gedung Parkir RSUI, maupun secara walk-in yang berlangsung di dalam RSUI. Presiden juga terlihat berbincang dengan warga yang menerima vaksinasi, tenaga medis yang melakukan vaksinasi, dan RSUI sebagai salah satu pihak penyelenggara Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit.

Baca Juga:   Menko Airlangga: VISA-ALTO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan Nasional

“Proses vaksinasi yang berlangsung di RSUI ini, sesuai dengan arahan pemerintah di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya. Ini untuk mempermudah para lansia memperoleh layanan ini, Pemerintahan Kota Depok juga melakukan program antar jemput lansia dari berbagai kecamatan. Untuk kelancaran pelaksanaanya, setiap hari sentra vaksinasi ini mendapatkan dukungan lebih dari 130 relawan, termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan dan administrasi. Mereka berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata dan tenaga medis RSUI,” ujarnya.

Menurutnya, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra XL Axiata, diantaranya Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group dan Alita. Selain itu, dukungan juga datang dari Dinas Kesehatan Kota Depok, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI.

Baca Juga:   Partai Golkar-United Russia Party MoU Sepakati Dorong Penguatan Investasi

“Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI. Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari (kedatangan maksimal pukul 13.00 WIB),” pungkasnya. (Gie/rls/yud)



  • Bagikan