Prestasi Ganda Unila : Ranking 14 THE dan Ranking 10 SCImago !

  • Bagikan
Rektor Unila Prof. Karomani. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARALAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) masuk ranking 14 versi Times Higher Education (THE). Ternyata, raihan prestasi Unila masih berlanjut. Unila juga masuk rangking 10 dari 60 perguruan tinggi di Indonesia versi SCImago Institutions Rangkings (SIR). Atas raihan ini, Rektor Unila, Prof Karomani mengucap syukur nya dan akan terus melakukan peningkatan mutu pendidikan di Unila.

“Alhamdulillah kita di THE masuk peringkat 14, baru kali ini masuk dalam perangkingan. Kita bersyukur hasil kerja bersama, dan jangan lupa, itu kan salah satu pemeringkatan saja. Ada yang lainnya, ada peringkat 10 UniRank. Terakhir SCImago peringkat 10. Luar biasa ini,” jelas Karomani, Kamis (22/4) di Rektorat Unila.

Untuk terus meningkatkan peringkat Unila, Prof Karomani mengatakan akan terus berupaya memperbaiki berbagai hal. Mulai dari dalam proses pembelajaran dan berbagai tantanan lainnya.

Baca Juga:   Unila-PT Gaido Kerjasama Cegah Pengangguran Terdidik

“Kita akan terus melakukan penguatan-penguatan terutama, TIK. Pembelajaran bisa di lakukan daring luring, sehingga bisa mengakses pendidikan. APK perguruan tinggi Indonesia masih ketinggalan, maka kita akan terus menambah Mahasiswa,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, Unila masuk peringkat 601-800 dari 1.115 perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan Times Higher Education (THE) dalam pengumuman yang baru dirilis Kamis (22/4).

Pemeringkatan Impact Ranking versi Times Higher Education dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator tujuan SDGs. Indikator yang digunakan adalah berdasarkan pada aspek stewardship, research, dan outreach.

THE Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia. Times Higher Education Impact Ranking merupakan perankingan perguruan tinggi yang befokus pada penilaian terkait dengan kontribusi dalam pencapaian United Nations Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga:   Unila-PT Gaido Kerjasama Cegah Pengangguran Terdidik

“Masuknya Unila pada 14 besar universitas dunia THE Impact Rankings merupakan salah satu pencapaian besar. Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat, mampu menunjukkan Unila semakin dikenal masyarakat global,” tambah Karomani.

Di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19, Unila tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

Sistem pemeringkatan ini mengakomodasi semua aspek kinerja tridarma perguruan tinggi, di mana Unila menunjukkan kinerja optimalnya, baik di level nasional maupun internasional.

Capaian ini menggambarkan bahwa perguruan tinggi di negara berkembang juga mampu menunjukkan kinerjanya melalui metodologi pemeringkatan oleh lembaga independen dunia yang kredibel tersebut. (rma/wdi)



  • Bagikan