Produsen Saus Tomat di Lampung tak Masuk Daftar SIINas


Elvira Umihani. FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Terkait dengan menumpuk dan anjloknya harga tomat hingga viral ke sosial media membuat Radar Lampung mencoba mencari tahu adakah produsen saus tomat yang beroperasi di Lampung.

Sayangnya, berdasarkan informasi dari Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, di Lampung tidak ada perusahaan saus tomat.





“Kalau di data perusahaan aplikasi SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional) belum ada perusahaan saos tomat,” beber Elvira.

Saat ini, perusahaan yang ada di Lampung yang sudah tergabung dalam SIINas ialah produsen saus cabai. Untuk diketahui, SIINas sebagai sistem informasi terpadu yang di dalamnya berisi data dan informasi tentang industri nasional.

Elvira juga menyebutkan, pihaknya tidak memantau terkait kandungan yang terdapat di saus tomat sehingga saat ini harganya anjlok.

“Kalau terkait kandungannya tidak di kami, itu di BBPOM (Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan),” tambahnya.

Sementara Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung, Kusnardi, mengatakan anjloknya harga tomat dikarenakan produksinya yang meningkat namun tidak ada pembeli.

Maka Pemprov Lampung akan mendorong skema hilirisasi tomat yang akan bekerjasama dengan perusahaan saus.

“Ya hilirisasi kita sudah coba misal untuk saos, buah dodol di Lampung Barat tetapi itu preferensi dan harus di bina lagi sehingga pasar cocok lidahnya dengan yang kita olah,” beber Kusnardi. (rma/yud)