Prof. Mitra Djamal Resmi Jadi Rektor Itera

  • Bagikan
Menrisetdikti Nadiem Anwar Makarim memimpin serah terima dan sumpah jabatan Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. secara virtual, Jumat (2/7).

RADARLAMPUNG.CO.ID – Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. resmi menjabat Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera). Ia menggantikan Prof. Ofyar Z. Tamin yang meninggal dunia, Rabu (9/6) lalu.

Pelantikan dan serah terima jabatan berlangsung secara virtual oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Jumat (2/7). Menteri berada di Jakarta. Sedang Prof. Mitra Djamal mengikuti di aula kuliah umum 1 Itera.

Dalam keterangannya, Prof. Mitra Djamal menyatakan akan membawa Itera sebagaimana yang telah dibangun oleh rektor sebelumnya.

“Saya akan menyelesaikan apa yang sudah dimulai (almarhum Prof. Ofyar Z. Tamin). Seperti sarana dan prasarana yang sebentar lagi selesai. Kemudian dosen tubel (tugas belajar) harus selesai. Pengembangan sospir hingga masalah akreditasi dan masih banyak hal,” tegas Prof. Mitra Djamal saat keterangan pers.

Baca Juga:   Terpidana Fee Proyek Lamsel Jalani Eksekusi Hukuman di Rutan Kelas I Bandarlampung
Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. memberikan keterangan pers usai pelantikan secara virtual, Jumat (2/7). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

Ia meneruskan, almarhum Prof. Ofyar Z. Tamin sangat cepat dan banyak gebrakan yang selesai saat bersamaan. “Ini menjadi tantangan untuk saya agar speed-nya disamakan. Jangan sampai dikurangkan. Kalau bisa lebih cepat lagi dan bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Terkait target 300 dosen yang akan disekolahkan ke luar negeri, Prof. Mitra Djamal menyatakan bisa diatasi dengan proses yang ada, sehingga tidak membuat proses perkuliahan terganggu.

“Ini cukup berat, sehingga kami sudah  memikirkannya. Bagaimana mengatasinya. Pertama, kami akan meminta izin kementerian agar dosen-dosen yang berangkat tugas belajar masih mengajar 2-3 mata kuliah. Mudah-mudahan disetujui. Kita juga akan menambah dosen jika perlu,” sebut dia.

Baca Juga:   BUMN Bantu Sulap Wisma Haji Rajabasa Jadi RS Darurat Covid-19

Pihaknya juga mengaku ditantang Gubernur Lampung untuk memberikan inovasi baru guna membantu permasalahan daerah dan siap melakukan hal bermanfaat, seperti tanggap bencana dan lainnya. (mel/ais)




  • Bagikan