Program Pendidikan Spesialis Kedokteran Unila Resmi Dibuka

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi jajaran Universitas Lampung yang mengembangkan Program Pendidikan Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Apresiasi disampaikan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto saat membuka Acara Visitasi dalam rangka Pendirian PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Acara ini diadakan oleh Kolegium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unila – RSUD Dr.H Abdul Moeloek, tepat di Aula Gedung Administrasi RSUDAM, Rabu (4/7).

“Gubernur Lampung begitu mendukung adanya program studi baru ini, karena mempunyai tujuan yang sangat strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kedokteran yang berkualitas dan bermartabat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran,” ujar Hery.

Baca Juga:   Turut Berduka, Nakes di Tuba Wafat Terkonfirmasi Covid-19

Menurut Hery, ilmu kedokteran di era globalisasi dewasa ini telah memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat.

Dengan berkembangnya ilmu kedokteran yang didukung dengan teknologi yang canggih, membuat masyarakat semakin tercukupi akan kebutuhan kesehatan.

Perkembangan ilmu kedokteran tersebut juga telah mempengaruhi kualitas dokter dengan Iahirnya berbagai jenis keahlian.

Untuk saat ini masih ada beberapa kabupaten di Provinsi yang masih kekurangan dokter spesialis, untuk itu di sini Pemprov Lampung akan berupaya meyakinkan Komisi DPRD memberikan dana beasiswa untuk pendidikan Dokter Spesialis. Ini kalau tidak diback up, kemungkinkan sekian tahun ke depan semakin banyak kekurangan dokter spesialis atau tenaga medis profesional di Provinsi Lampung ini.

Dengan program pendidikan spesialis ini diharapkan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan pembaruan keilmuan serta profesionalisme dokter untuk dapat tetap menjadi salah satu ujung tombak dunia kesehatan di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

Baca Juga:   Hamdalah, 2.446 Pasien Covid-19 Lamtim Sembuh

“Melalui pertemuan yang dilaksanakan hari in, diharapkan dapat tercipta kesamaan visi dan persepsi untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan program studi baru, yaitu Program Pendidikan Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung,” ujar Hery yang didampingi Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin.

Sementara itu, Ketua Kolesium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Indonesia Prof. Dr. Faisal Yunus meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk bisa mensupport dana bagi para dokter yang akan mengambil spesialis ini mengingat bahwa biaya yang dikeluarkan selama 4 tahun untuk menjadi Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi cukup besar. (rlo/ynk)




  • Bagikan