PSC Mesuji Siap Layani 24 jam

  • Bagikan

PSC Mesuji Siap Layani 24 jam

radarlampung.co.id – Bupati Mesuji, Saply TH meresmikan Gedung PSC (Public Service Canter) di Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji, Kamis (20/5).

Bupati Saply mengungkapkan, Pembangunan Gedung PSC ini, bertujuan  untuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta menyukseskan program jaminan sosial dengan memandang kondisi geografis dan kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Mesuji.

“Ini juga untuk meningkatkan akses penanganan korban atau pasien gawat darurat berupa fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai dengan melalui system penanggulangan gawat darurat terpadu yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses Telekomunikasi 119,” ungkap Saply.

Baca Juga:   Kodim 0426 Vaksin di 4 Titik

Dia menjelaskan, Peningkatan akses pelayanan PSC, juga efektif dalam pelayanan penanganan kegawat daruratan yang terpadu dan terintegrasi dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Polres, Dinkes, Pol.pp BPBD dan Damkar serta instansi Lainnya.

“PSC ini selama 24 jam dalam sehari, secara terus menerus, dan setiap fasyankes di daerah Mesuji wajib turut serta dalam penyelenggaraan PSC,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan gawat darurat yang dapat dilayani dengan PSC, adalah tindakan medis yang dibutuhkan oleh korban atau pasien dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan kecacatan.

“Jadi, PSC ini mempunyai tugas memberikan pelayanan ambulance, ketenagaan maupun sarana penunjang lain, memberikan informasi tentang fasyankes, informasi tempat tidur di Rumah sakit, dan melakukan koordinasi dengan fasyankes jejaring PSC, pengevakuasian korban atau pasien gawat darurat, dan pemandu pertolongan pertama penanganan korban atau pasien gawat darurat,” bebernya. (muk/yud)




  • Bagikan