PSSI Lampung Seleksi Pemain untuk Masuk Timnas

  • Bagikan
Para pemain saat ikut seleksi timnas di Stadion Pahoman, Selasa (9/3). FOTO ANCA/RADARLAMPUNG.CO.ID 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Lampung mengadakan seleksi untuk timnas U-16 dan U-19. Seleksi diadakan di Stadion Pahoman, Bandarlampung, Selasa (9/3) siang.

Ditemui di Stadion Pahoman, Ketua Asprov PSSI Lampung Edy Syamsu menjelaskan, seleksi ini untuk menyambut kejuaraan dunia U-16 dan U-19 di Uzbekistan. Seleksi ini dilakukan karena tahun lalu tidak ada Liga Elite Pro Academy dan Piala Soeratin.


“Karena tidak ada kompetisi saya usul untuk dilakukan seleksi saja di masing-masing Asprov,” jelasnya.

Ia menjelaskan, seleksi sudah dilakukan sejak tahap asosiasi kabupaten/kota (askab) PSSI di seluruh Lampung. Askab lalu melakukan seleksi dengan mengundang sekolah sepak bola (SSB) dan klub.

“Setelah terpilih pemain terbaiknya. Masing-masing askab mengirimkan pemainnya untuk diseleksi oleh kami,” ujarnya. Para pemain kata Edy sebelumnya diminta untuk tes rapid agar memastikan bebas dari Covid-19. Pemain juga melakukan protokol kesehatan yang ketat. Para pemain terbaik ini lalu diseleksi oleh tim talent scouting Asprov PSSI.

Baca Juga:   Tertimpa Tembok Pagar, Satu Pekerja Tewas, Satu Luka-luka

Selain untuk seleksi timnas, Asprov PSSI juga menggunakan data pemain berbakat ini untuk kemudian dilakukan pembinaan. “Mereka yang nggak terpilih kan bisa ikut seleksi lagi. Tapi nama-nama mereka kita masukan ke data dengan harapan dipersiapkan untuk ikut porwil dan bahkan ke PON,” kata Edy.

Terpisah, tim talent scouting Asprov PSSI Lampung Dili Arissandi menjelaskan ada tiga hal yang dinilai. Penilaian dilakukan untuk masing-masing individu. Penilaian pertama yakni VO2 max atau penilaian volume oksigen maksimal. Kemudian kedua rondo yang di dalamnya meliputi penilaian tim kecil game kecil dan game besar.

“Game kecil itu seperti kategori pemain untuk mengambil keputusan, komunikasi dan insiatif ketika dia menyerang atau bertahan. Sedangkan game besar yakni visi pemain,” ujarnya ditemui di pinggir lapangan.

Baca Juga:   Transfer Dana Desa ke Lampung 2022 Turun Rp114,33 Miliar, Berikut Ini Rincian per Daerah

Nantinya, masing-masing pemain diberikan penilaian 1 hingga 4. “Nah, nanti nilainya dijumlahkan. Nanti kan ketahuan nilai mereka otomatis diperingkat,” jelasnya. Setidaknya kata Dili, ada 26 pemain yang akan diambil untuk masing-masing kategori.

Salah satu peserta perwakilan dari Metro yang mengikuti seleksi pemain U-16 Asprov PSSI Lampung Ogya Bramantyo mengatakan, dirinya sudah sejak pagi berada di Stadion Pahoman untuk mengikuti seleksi. Ia sangat antusias mengikuti seleksi tersebut.

“Sangat senang bisa lolos seleksi untuk tingkat Kota Metro. Dan sekarang ikut seleksi timnas untuk tingkat provinsi. Semoga bisa lolos, dan masuk timnas,” ujarnya.

Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro ini mengaku sudah dari kecil dirinya sangat suka sepak bola. Impiannya yakni hanya satu bisa masuk ke dalam timnas dan membela Garuda muda. (nca/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan