Puluhan ASN Pemkot Bandarlampung Tak Masuk Pasca Libur Lebaran, Ini Rincian Berikut Alasannya


Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. melakukan sidak ke kantor Disperkim, Senin (10/6) pagi. FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung tak luput dari ASN yang tak masuk kerja di hari pertama pasca libur Lebaran. Puluhan ASN tercatat tidak masuk meski cuti Lebaran terbilang panjang.

Ya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bandarlampung mencatat, dari 4.982 ASN lingkup Pemkot Bandarlampung, hari ini (10/6), hanya 4.912 yang hadir. Artinya, 70 ASN tidak masuk dengan beragam alasan.





Kepala BKD Bandarlampung Wakhidi merinci, terdapat 15 ASN sedang tugas belajar. Lalu, dari 55 lainnya yang tidak hadir, dua orang beralasan sedang menunggu orang tua dan anak yang tengah sakit di rumah sakit. Selebihnya, 26 orang izin sakit dan 27 orang cuti.

“Kalau yang cuti, rincian 19 orang cuti bersalin, satu orang cuti di luar tanggungan negara, enam orang cuti lantaran sakit permanen atau sakit yang telah lama, dan satu ASN cuti dengan alasan adanya urusan yang penting,” bebernya, Senin (10/6) di lingkungan Pemkot Bandarlampung.

Adapun untuk 70 ASN yang tidak masuk menurut Wakhidi tersebar di berbagai satuan kerja. ”Ada dari tenaga kesehatan serta OPD-OPD lainnya,” ungkapnya. Pihaknya pun telah melaporkan absen ASN tersebut kepada Kemenpan RB Senin (10/6) sore.

Sementara Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung Badri Tamam menerangkan, dari hasil sidak hari pertama masuk kerja ini ASN di lingkungan Pemkot Bandarlampung nihil dari tidak masuk tanpa keterangan.

”Dari laporan yang masuk dari BKD ASN Pemkot Bandarlampung nihil dari yang tidak masuk tanpa keterangan,” ucapnya.

Untuk saat ini yang dilaporkan kepada Kemenpan RB adalah laporan ASN yang masuk pada hari pertama kerja pasca Lebaran, yang nantinya akan ada evaluasi dari Kemenpan RB.