Puluhan Skateboarder Sumatera dan Jawa Adu Skill di Pemprov Lampung Skateboard Competition

  • Bagikan
Skateboarder unjuk kemampuan. FOTO ANCA/RADARLAMPUNG.CO.ID 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan skateboarder —baik dari Lampung maupun provinsi lain– mengikuti Pemprov Lampung Skateboard Competition, yang digelar Kamis (10/12) di PKOR.

Kompetisi skateboard ini diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi), serta Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) Lampung.


Kadispora Lampung Hannibal menjelaskan, meskipun skateboard termasuk olahraga ekstrim, namun tetap digemari. Terutama oleh generasi milenial.

Even tersebut, kata Hannibal, bisa menjadikan olahraga Lampung berjaya sesuai keinginan gubernur. “Mudah mudahan dari even ini, kita bisa menemukan atlet skateboard yang potensial dan kedepan bisa mengharumkan nama Lampung di kancah nasional ataupun internasional,” terangnya. Ia juga berharap agar kompetisi skateboard ini bisa menjadi agenda tahunan.

Baca Juga:   Kerap Kalah, Baseball Lampung Akhirnya Bisa Tumbangkan Jakarta

Wakil Ketua Umum Kormi Lampung
M. Kharmain Asyari menjelaskan, ada lima kategori yang dipertandingkan. Kelimanya yakni under-15 (U-15), beginner, open, game of skate, dan best trick.

Berbagai atlet dari provinsi lain, kata pria yang akrab disapa Armen tersebut, hadir di kompetisi itu, seperti dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Palembang, dan Jambi. Diakuinya, even tersebut menjadi ajang bagi Kormi mencari atlet berbakat untuk kemudian dibina.

Ketua KIS Lampung ini menjelaskan, di
Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V di Samarinda 2019 lalu, skateboard menyumbangkan medali emas untuk kategori best trick.

“Kita juga berharap kompetisi ini melahirkan daya saing. Karena Lampung skateboard-nya cukup ketinggalan dari kota besar lain. Dan ini peluang besar untuk menangkap atlet berpotensi dari even ini, untuk selanjutnya kita bina,” jelasnya.

Baca Juga:   Personil Polda Lampung Sumbang Satu Mendali Emas di PON XX Papua

Terpisah, Satria Prayoga Wakil Ketua Umum II Kormi Lampung menambahkan even ini untuk menambah jam terbang skateboarder Lampung. Sebab, atlet yang berpotensi di acara ini akan dibina untuk mengikuti even nasional kedepannya.

“Semacam ajang seleksi, dan nanti kita juga adakan pelatda untuk atlet yang punya potensi,” katanya.

Beberapa even yang akan diikuti dalam waktu dekat Fornas VI di Sumatera Selatan, Indonesia Open X-Sport Championship (IOXC) 2021, dan The Association for International Sport For All (Tafisa) 2021. “Jadi even ini sebagai persiapan kita,” tandasnya. (nca/sur)




  • Bagikan