Puting Beliung Hancurkan 4 Rumah

  • Bagikan
Foto BPBD Bandarlampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak empat rumah rusak parah setelah diterjang angin puting beliung, Sabtu (17/7) sore, sekitar pukul 17.30 WIB.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Jl. Yos Sudarso, Gg. Cendana 1, RT 06, LK 1, Bumiwaras, Bandarlampung. Selain keempat rumah tersebut, empat RT lainnya juga dikabarkan terkena dampak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung M. Rizki saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut.

Dia mengatakan, sejauh ini timmya telah turun ke lapangan untuk mengevakuasi korban. “Iya benar, kemarin kejadiannya. Tapi tim kita sudah turun dan sudah membantu mengevakuasi para korban,” katanya, Minggu (18/7).

Adapun keempat rumah yang rusak parah tersebut masing-masing atas nama Naryati, Kusnadi, Syarifudin, dan Anton. Selain itu, empat RT lainnya yakni RT 03, RT 04, RT 05, dan RT 06 juga turut menjadi korban.

Baca Juga:   Maaf, Stok Vaksin di Bandarlampung Sedang Kosong

Di samping itu, Muhammad Akromul Umam (18), juga mengalami luka ringan di bagian bahu diduga karena terkena runtuhan bangunan.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung Sutarno menambahkan, untuk sementara ini sejumlah warga dan tetangga di sekitar rumah korban sedang bergotong royong untuk membantu memperbaiki rumah korban.

“Sudah dievakuasi (korban, red) dan sekarang juga warga sekitar sudah bergotong royong memperbaiki rumah para korban,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, pada musim ini masyarakat diharapkan dapat terus waspada. Lantaran terkadang angin besar datang tiba-tiba.

“Diharapkan kalau ada hal seperti ini, warga bisa segera keluar dari rumah dan mencari tempat terbuka yang jauh dari bangunan dan pepohonan. Karena terkadang pohon juga bisa terbawa putaran angin,” tambahnya.

Baca Juga:   Bandarlampung Pertahankan Penghargaan KLA Kategori Madya

Meski demikian, diakui Sutarno, peristiwa puting beliung yang terjadi di Bumiwaras kemarin belum terlalu parah.

“Kita langsung berkoordinasi dengan BMKG dan memang katanya untuk angin puting beliung yang terjadi di Bumiwaras tidak besar, tapi hembusan anginnya cukup kencang,” tandasnya. (ega/sur)




  • Bagikan