Puting Beliung Porak-porandakan Lamtim, Puluhan Rumah Rusak

  • Bagikan
Rumah warga Sumbergede Sekampung rusak akibat puting beliung. FOTO DOK. BPBD LAMTIM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana puting beliung kembali menyerang sejumlah wilayah di Lampung Timur. Bencana yang diawali hujan deras disertai angin kencang, Kamis (8/4) pukul 19.00 Wib itu mengakibatkan puluhan pohon tumbang di Kecamatan Sekampung, Pekalongan dan Sukadana.

Kejadian itu mengakibatkan sejumlah rumah warga Kecamatan Sekampung mengalami kerusakan karena tertimpa pohon. Pun sempat menyebabkan kemacetan di jalan raya Sekampung menuju Batanghari. Itu karena pohon yang tumbang melintang di jalan raya.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Mashur Sampurna Jaya menjelaskan, dari data sementara kejadian itu mengakibatkan 26 rumah mengalami kerusakan. Tersebar di Kecamatan Sukadana 1 rumah, Pekalongan 10 rumah, dan Sekampung 15 rumah.

Baca Juga:   Cerita Pelajar Lampung Dihadiahi Sepeda Oleh Jokowi Gegara Candaan Kopi

“Sebagian besar kerusakan pada bagian atap,” jelas Mashur didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Mujianto, Jumat (9/4).

Dilanjutkan, pasca kejadian personil BPBD bersama TNI dan Polri serta masyarakat langsung bergotong-royong melakukan pemangkasan pohon yang tumbang. Baik itu, yang menimpa rumah warga maupun yang melintang di jalan raya.

“Pemkab akan segera menyalurkan bantuan kepada warga yang tertimpa bencana,” lanjut Mashur. Hingga berita ini diturunkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kesempatan yang sama Mashur menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana puting beliung. Terutama di saat musim penghujan seperti sekarang ini. “Sebaiknya segera lakukan pemangkasan dahan pohon yang berada di sekitar rumah,” imbuh Mashur.

Baca Juga:   Simak, Ini Pesan Riana Sari Arinal Kepada TPPKK Lamtim

Diketahui sebelumnya, bencana puting beliung serang wilayah Kecamatan Pasir Sakti Lamtim, Selasa (8/2). Kejadian itu mengakibatkan, 55 rumah warga mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut, 32 di antaranya rusak sedang dan 23 rusak berat. (wid/sur)




  • Bagikan