Puting Beliung Terjang 5 Kecamatan di Lamtim, 32 Rumah Rusak

  • Bagikan
Rumah warga Lamtim rusak diterjang puting beliung. Foto Dok. BPBD Lamtim
Rumah warga Lamtim rusak diterjang puting beliung. Foto Dok. BPBD Lamtim

Radarlampung.co.id – Bencana puting beliung masih mengintai wilayah Lampung Timur.

Setelah sebelumnya, bencana yang diawali hujan deras diringi angin kencang menyerang wilayah Kecamatan Sukadana dan Sekampung Udik, bencana serupa menyerang Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, Desa Karyatani Kecamatan Labuhan Maringgai, Desa Adi Jaya Kecamatan Pekalongan dan Desa Pasir Sakti Kecamatan Pasir Sakti.



Juga, Desa Sumbergede dan Desa Sidodadi Kecamatan Sekampung.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, di Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, bencana yang terjadi pukul 15.00 WIB, Rabu (12/1) itu mengakibatkan 1 rumah rusah berat, 17 rusak ringan, dan 1 pabrik rusak ringan.

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Selanjutnya, di Desa Karyatani Kecamatan Labuhan Maringgai mengakibatkan, 1 rumah rusak berat. Kemudian di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan mengakibatkan 1 rumah rusak berat. Sementara di Desa Pasir Sakti mengakibatkan, 8 rumah rusak sedang, 1 bengkel rusak ringan dan 1 gardu roboh serta 1 jembatan rusak.

Sedangkan di Desa Sumbergede dan Sidodadi Kecamatan Sekampung mengakibatkan 2 Gedung Sekolah Dasar, dan 4 rumah rusak.

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

“Sebagian kerusakan terjadi pada bagian atap yang beterbangan tertiup angin kencang dan tertimpa pohon tumbang,” jelas Titin Wahyuni.

Ditambahkan, saat ini warga bersama personil BPBD, TNI, dan Polri sedang bergotong-royong memangkas pohon tumbang dan memperbaiki rumah warga yang rusak. “Saat ini, masih dilakukan pendataan total kerugian,” imbuh Titin.

Diketahui sebelumnya, bencana angin puting beliung menyerang Lampung Timur. Bencana yang disebabkan intensitas hujan tinggi disertai angin kencang itu menyerang Dusun 7 Desa Bojong Kecamatan Sekampung Udik, Selasa (11/1).

Baca Juga:   Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, peristiwa itu mengakibatkan rumah milik Wayan Setiabudi ambruk hingga rata dengan tanah, pukul 00.30 WIB.

“Rumah tersebut ambruk akibat tertimpa pohon tumbang,” jelas Titin Wahyuni mewakili Kepala BPBD Lamtim Mulyanda.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Namun, rumah dan barang-barang milik korban mengalami kerusakan.

Guna meringankan beban warga yang tertimpa musibah, Pemkab Lamtim melalui BPBD telah menyalurkan bantuan berupa asbes atap rumah dan sembako. (wid/sur)






  • Bagikan