Puting Beliung Terjang Lampung Timur

  • Bagikan
Puting Beliung Terjang Lampung Timur
Sejumlah rumah di Desa Taman Negeri Lamtim rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Foto dok BPBD Lamtim

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bencana angin puting beliung kembali melanda wilayah Kabupaten Lampung Timur. Puting beliung diawali hujan deras disertai angin kencang itu melanda Desa Taman Negeri Kecamatan Way Bungur.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, tidak ada korban jiwa atas bencana yang terjadi Sabtu (8/1) pukul 19.00 WIB. Namun, satu rumah rusak sedang dan dua rusak ringan diterjang angin kencang. Kemudian, satu rumah ibadah dan pagar balai desa juga mengalami kerusakan.



“Kerusakan itu disebabkan pohon tumbang akibat tertiup angin kencang,” jelas Titin Wahyuni, Minggu (9/1).

Petugas BPBD bersama warga serta personil TNI dan Polri sedang berusaha memangkas pohon tumbang yang menimpa rumah dan melintang di jalan raya. Kemudian, memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan.

Ditambahkan, wilayah Lamtim merupakan daerah rawan bencana angin puting beliung. Karenanya, Pemkab menghimbau kepada warga agar memangkas dahan pohon yang berdada di seputaran rumah. Itu untuk mengantisipasi agar ketika terjadi angin kencang dahan yang patah tidak menimpa rumah.

Diketahui sebelumnya, bencana angin puting beliung menyerang Dusun IV Bayur Asri Desa Pasir Sakti Kecamatan Pasir Sakti, pukul 17.00 Wib, 6 Desember 2021 laku.

Bencana yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang itu mengakibatkan 87 rumah warga Dusun IV Bayu Asri mengalami kerusakan ringan dan 1 rusak berat. (wid/wdi)






  • Bagikan