Putra Lampung Jadi Researcher/Asisten Professor di Jepang 

  • Bagikan
Foto Foto Dokumentasi Pribadi Rofiqul Umam : Foto 1 : 1) Rofiqul Umam saat musim dingin di Jepang
Rofiqul Umam saat musim dingin di Jepang

//Berhasil Lolos 3 Jurnal International Bereputasi dalam waktu 1 bulan di tahun 2022//

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rofiqul Umam,S.Si.,M.Sc.,Ph.D, Putra kelahiran Bandarlampung dan Lulusan MAN 1 Bandarlampung ini berhasil menjadi Researcher/Asisten Professor/Peneliti di Jepang setelah lolos dan wisuda pada program Doktor (Ph.D) di Kwansei Gakuin University, Japan.



Ketika menjadi mahasiswa Doktor, Rofiqul Umam berhasil mendapatkan beasiswa Nishimura Foundation dari pemerintah Jepang dengan kuota hanya 1 orang setiap tahunnya se-Indonesia.

Dalam prestasi publikasi jurnal International, Rofiqul Umam berhasil Lolos 3 artikel di Jurnal Scopus Q1 dan Q2 International Bereputasi dalam waktu 1 bulan di tahun 2022.

Foto Foto Dokumentasi Pribadi Rofiqul Umam : Foto 1 : 1) Rofiqul Umam saat musim dingin di Jepang Foto 2 : 2) Foto Sertifikat Jurnal Scopus Q1
Foto Sertifikat Jurnal Scopus Q1

Ia pun menceritakan bahwa jurnal scopus Q1 dan Q2/ jurnal international bereputasi yang berhasil lolos itu, merupakan kerja keras yang dilakukan bersama para kolega nya.

Dalam publikasinya, Rofiqul Umam menjadi penulis dan merevisi artikel yang telah direview oleh 6 reviewer.

Menurutnya, keberhasilan dalam publikasi di jurnal scopus Q1 dan Q2 diperlukan tekad usaha yang kuat. Karena publish di jurnal scopus bereputasi sangat sulit untuk bisa lolos.

Foto Foto Dokumentasi Pribadi Rofiqul Umam : Foto 1 : 1) Rofiqul Umam saat musim dingin di Jepang Foto 2 : 2) Foto Sertifikat Jurnal Scopus Q1 Foto 3 : 3) Foto ID Scopus Rofiqul Umam
Foto ID Scopus Rofiqul Umam

Selain menjadi researcher di Jepang, saat ini Rofiqul Umam juga menjadi associate Editor dan reviewer di Jurnal Scopus Q3 (Indonesian Journal of Geography) milik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan juga Editor di Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni milik UIN Raden Intan Lampung.

Kedepannya, Rofiqul Umam bercita-cita ingin menjadi peneliti sekaligus dosen yang berhasil Professor di Umur 40 tahun dan menjadi Asesor akreditasi jurnal di Indonesia serta menjembatani hubungan bilateral antara kampus di Jepang dan kampus di Indonesia. (gie/yud)






  • Bagikan