Putus Mata Rantai Covid-19, Kemampuan Pelacakan Kontak Ditingkatkan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID- Guna mecegah penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Way Kanan, Dinas Kesehatan setempat menggelar pertemuan peningkatan kapasitas petugas pelacakan kontak kasus Covid – 19, Senin (21/6). Rencananya pertemuan tersebut dilaksanakan selama empat hari kedepan.

Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Anang Risgiyanto, S.K.M., M.Kes menjelaskan Covid – 19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet). Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien Covid – 19 termasuk yang merawat pasien Covid – 19.

“Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin,” lanjutnya.

Baca Juga:   Penggunaan Kapal Isolasi Apung Tunggu Kemenhub

Masih kata Anang, kegiatan pelacakan kontak dikoordinasikan oleh Puskesmas. Peran tracer, lanjutnya, mencari dan memantau kontak erat selama karantina dan isolasi, memberikan informasi yang benar terkait Covid-19 termasuk pentingnya karantina dan isolasi yang benar, memantau kondisi kesehatan orang yang melakukan karantina dan islasi dengan menanyakan bagaimana keadaan kesehatannya selama masa karantina dan isolasi, melaporkan hasil pemantauan kepada petugas puskesmas.

“Dengan diadakannya pertemuan ini, harapannya ialah kemampuan petugas kesehatan dan petugas pelacak (tracer) kasus Covid – 19 dalam penanganan Covid – 19 di Kabupaten Way Kanan akan semakin meningkat,” terangnya. (sah/wdi)




  • Bagikan