QC Rakata: Sementara Jokowi-Amin Unggul di Lampung

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto. Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Hasil Quick Count (QC) Rakata Institute pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo-Sandi di Lampung.

Direktur Eksekutif Rakata Institute menjelaskan bahwa hingga 86,06 persen suara yang masuk, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 57,77%. Sementara Prabowo-Sandiaga mendapatkan 42,23%. Selain itu, hasil QC Rakata ini juga menunjukan partisipasi masyarkat yang cukup tinggi hingga 82,93%.

“Jadi sementara ini data sudah diatas 85%, meskipun belum final. Namun saya memastikan jika sudah diatas 85% data akan stabil,” kata Eko saat ditemui di Ballroom Hotel Horison, Rabu (17/4) malam.

Berdasarkan, elektabilitas Paslon 01 unggul di 12 kabupaten/kota. Mulai di Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Lampung Tengah dan Lampung Timur. Dengan keunggulan rata-rata di atas 60%.

“Sementara keunggulan capres cawapres 02 Prabowo-Sandi di Lampung unggul di Bandarlampung dengan nilai mencapai 53,58%. Kemudian di Tanggamus 55,35% dan di Lampung Utara mencapai 60,11%,” sebut Eko.

Dari data ini, Eko mengatakan memang awalnya sempat tak stabil dan sempat kejar-kejaran antar calon. Namun, semenjak melewati sekitar data masuk 10% data mulai stabil. “Namun data masih terus bergerak, data ini sendiri menggunakan tingkat kepercayaan 99% dengan margin of eror plus minus 1,05. (rma/kyd)




  • Bagikan