Radar Lampung Sabet Silver Winner IPMA 2022


RADARLAMPUNG.CO.ID – SKH Radar Lampung berhasil mempertahankan tradisi menjadi pemenang penghargaan bergengsi untuk sampul muka dan konten pada ajang Indonesia Print Media Award (IPMA) Ke-13 tahun 2022 di Jogja Nasional Museum, Selasa malam (29/3).

Koran yang mengusung slogan Satu untuk Semua ini didaulat sebagai peraih Silver Winner kategori Surat Kabar Harian Regional Sumatera Terbaik untuk edisi 22 Juni 2021.





Direktur Radar Lampung Purna Wirawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, terutama kru redaksi, yang sudah menghasilkan desain sampul muka dan konten yang baik sehingga mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi IPMA 2022.

’’Saya ucapkan selamat kepada karyawan Radar Lampung, khususnya kru redaksi termasuk pracetak, desain grafis, dan copy editor, yang sudah berkolaborasi hingga berhasil menciptakan kreasi perwajahan yang berkualitas yang diapresiasi langsung oleh SPS,’’ kata Bang Purna –sapaan akrabnya.

Ke depannya, Purna berharap penghargaan yang didapat ini bisa menjadi motivasi untuk seluruh karyawan agar meningkatkan kreativitas dan kinerjanya lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua Harian SPS Pusat Januar P. Ruswita mengatakan, IPMA didedikasikan untuk memicu lahirnya karya sampul muka dan konten media cetak yang sangat kreatif dan inspiratif.

Penghargaan ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi SPS atas kinerja hebat seluruh pengelola media cetak di Indonesia dan inhouse magazine serta pers mahasiswa yang telah mencurahkan untuk kemajuan industri dan organisasinya.

’’Saat ini disrupsi media tak bisa dielakkan. Sehingga mau tidak mau, media-media cetak harus berpacu membuat sajian yang ciamik, berpadu dengan transformasi konten digital,” ujar Januar.

Diketahui, apresiasi bergengsi ini melibatkan sejumlah dewan juri yang kompeten di dunia jurnalistik. Antara lain Oscar Matuloh (kurator dan pewarta foto independen), Danu Kusworo (redaktur foto Harian Kompas), Ahmad Djauhar dan Agus Sudibyo (anggota Dewan Pers), Asmono Wikan (Sekretaris Jenderal SPS) dan Mas Sulistyo (Design Director DM ID).

Juri menilai ada kemajuan kualitas entri yang masuk. ’’Peningkatan kualitas dari sisi desain, layout, infografis, kedalaman konten, ketajaman analisa, dan unsur novelty dinilai dapat menggaet pembaca baru,” ujar Agus Sudibyo, salah satu dewan juri.

Berdasarkan catatan dari para dewan juri, karya-karya yang masuk relatif tidak ada perbedaan menonjol antara media nasional dengan media daerah dalam hal kedalaman, ketajaman, maupun sisi editorial.

“Walaupun jumlah peserta makin sedikit, tetapi kualitas tetap terjaga. Cenderung memuat konten visual sehingga pembaca mudah mendapatkan inti pesan yang disampaikan lebih sempurna,” kata Oscar Matuloh. (fik)