Dishub Lampung Kaji Penerapan Ganjil Genap di Tol Selama Nataru

  • Bagikan
Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo. FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Dinas Perhubungan Lampung masih mengkaji rencana penerapan ganjil genap saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 di jalan tol.  Hal ini disampaikan Kadis Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo Rabu (24/11). “Untuk ganjil dan genap akan dikaji terlebih dahulu karena tidak semua kendaraan bisa di terapkan,” beber Bambang.

Dia mengatakan kendaraan yang melintas di tol tidak hanya kendaraan pribadi saja, namun juga kendaraan umum dan logistik. Maka, hal ini perlu dilakukan kajian yang lebih dalam.


Lampung juga harus melihat pelaksanaan ganjil genap yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Di mana, tidak bisa full selama 24 jam hanya diterpakan di jam seperti pagi sampai jam 10.00 WIB, kemudian jam 18.00 WIB sore sampai 22.00 malam.

Baca Juga:   Sopir Ditodong di Lampura, Bandit Kuras Uang Hingga Ponsel

“Kemudian, kendaraan yang berada di Sumatera ini kan kebanyakan kendaraan dari Sumatera, bahkan bisa saja dari Aceh. Sehingga harus dipikirkan ulang, bagaimana jika ganjil genap akan diterapkan,” tambahnya.

Jika memungkinkan, maka harusnya disediakan pula kantong parkir dalam penerapan ganjil genap. Sehingga, bagi kendaraan yang tidak bisa melintas saat penerapan ganjil genap bisa bertahan.

“Namun ini baru inisiatif, nanti akan kita dirapatkan bersama. Seperti jika memungkinkan ada kantong parkir di jalan nasional, ada di rumah makan tapi sekarang rumah makan banyak yang tutup sehingga fasilitas tidak ada. Ketika ada kantong parkir maka fasilitas lengkap seperti bisa makan, MCK (mandi cuci kaktus), dan tempat istirahat,” lanjutnya. (rma/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan