Randis Kepala Dinas Diganti Kendaraan Sewa


Randis Kepala Dinas Diganti Kendaraan Sewa
ILUSTRASI/SUMBER FOTO UNSPLASH.COM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam waktu dekat, seluruh kepala dinas dan kepala bagian di Sekretariat Pemkab Pesawaran akan berganti kendaraan operasional sewa.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Pesawaran Hendra Sulistianto  mengatakan, kendaraan itu sewa dari pihak ketiga.





“Ada sekitar 40 kepala organisasi perangkat daerah yang nanti akan menggunakan kendaraan dengan sistem sewa. Untuk staf ahli dan Balitbang belum tercover, karena keterbatasan anggaran,” kata Hendra Sulistianto.

Pemkab Pesawaran menganggarkan sekitar Rp107 juta untuk sewa satu kendaraan kepala dinas dalam satu tahun. Merupakan kendaraan terbaru atau kendaraan tahun 2022.

Hendra menuturkan, saat ini proses sewa kendaraan untuk kepala OPD masih proses lelang dan sudah memasuki masa sanggah. Terdapat lima vendor yang mengajukan penawaran.

“Kendaraan dinas yang masih bagus kita alihkan ke OPD dan staf ahli. Untuk yang kondisinya tidak layak, nanti akan dilelang. Ada tim sendiri yang akan menilai aset tersebut,” ucapnya.

Keuntungan kendaraan dengan sistem sewa, lanjut mantan Kabag Pembangunan ini, pemerintah daerah tidak perlu menganggarkan maintenance. Baik ganti oli, service dan kerusakan akibat kecelakaan serta risiko lainnya

“Kita sewa untuk satu tahun. Dengan begitu, perawatan dan risiko rusak karena insiden bukan tanggung jawab kita lagi. Artinya kita hanya anggarkan untuk BBM saja,” tegasnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, rata-rata umur kendaraan dinas sudah tua, sejak 2010. Ada juga beberapa yang baru.

Terkait sewa kendaraan, ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33/2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. (ozi/ais)