Ratusan Pengunjung Nikmati Keindahan Kawah Nirwana dan Keramikan


Pengunjung menikmati keindahan Kawah Nirwana di Kecamatan Sukoharjo, Lampung Barat. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Pengunjung menikmati keindahan Kawah Nirwana di Kecamatan Sukoharjo, Lampung Barat. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id –  Kawah Nirwana dan Keramikan di Kecamatan Suoh, Lampung Barat menjadi destinasi yang cukup ramai dikunjungi selama libur Lebaran. Berdasar data yang diperoleh, ratusan pengunjung datang dan menikmati keindahan alam dari panas bumi di lokasi tersebut setiap harinya.

Camat Suoh Novi mengatakan, sekitar 70 persen pengunjung datang dari luar daerah. Seperti Waykanan, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus dan wilayah lain.





“Dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus, memungkinkan wisatawan dari luar daerah datang bersama sanak keluarga mengendarai mobil atau motor,” kata Novi Andri.

Setiap harinya, imbuh Novi, sekitar 30 guide disiapkan memandu pengunjung. Petugas parkir dan keamanan lainnya juga ditugaskan untuk mengamankan barang bawaan maupun kendaraan pengunjung.

“Alhamdulillah, setiap harinya sekitar 500 pengunjung yang datang. Bagi yang pertama kali datang, Pokdarwis menyiapkan pemandu. Mereka siap mengantarkan ke lokasi Kawah Nirwana atau Keramikan,” ujarnya.

Novi menegaskan, guide sangat berperan dalam memandu pengunjung. Sebab ada beberapa titik berbahaya yang tidak boleh didekati. Guide akan mengarahkan, termasuk memberikan penjelasan tentang destinasi tersebut.

“Bagi wisatawan, khususnya yang baru pertama kali datang, kami imbau untuk berhati-hati dan lebih baik menggunakan jasa guide. Sebab akan sangat berbahaya ketika menginjak titik-titik tertentu di Keramikan atau Kawah Nirwana,” tukasnya.

Sementara, Iwan salah seorang pengunjung yang mengaku berasal dari Pringsewu mengatakan, ia bersama keluarganya sengaja datang ke Suoh setelah sebelumnya bermalam di Pesisir Barat.

“Ini baru pertama. Ada saudara yang ngajak kami ke sini. Lokasi wisatanya bagus. Sayang belum ada penginapannya. Jadi waktu untuk menikmati keindahan Kawah Nirwana dan Keramikan terbatas,” kata Iwan. (nop/ais)