Ratusan Peserta Ikuti Tes SKD

  • Bagikan
Sebanyak 400 peserta mengikuti tes seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2021 yang digelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Selasa (14/9). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id
Sebanyak 400 peserta mengikuti tes seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2021 yang digelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Selasa (14/9). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Sebanyak 400 peserta mengikuti Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2021 yang digelar di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Selasa (14/9) pagi. Ke-400 peserta tersebut berasal dari Lampung selatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan, Tes SKD CPNS 2021 sendiri dijadwalkan berlangsung sampai tanggal 25 Oktober 2021.


“Tes dilakukan sesuai dengan tahapan dimana hari ini dan dua hari kedepan akan diawali oleh kabupaten Lampung Selatan. Tes akan dilanjut dengan daerah lain sampai nanti tanggal 25 Oktober,” katanya.

Adapun tes SKD ini meliputi mata ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Masing-masing komponen ada pasing grade, jadi (peserta, red) yang lulus ya yang bisa melampauinya,” katanya.

Dia juga mengatakan, pelaksanaan tes ini juga dapat dilihat secara langsung melalui chanel YouTube BKN. Ini untuk membuktikan bahwa tes berlangsung secara transparan dan adil.

Baca Juga:   Tokonya Dimasuki Pencuri, Ini Sikap Influencer dr. Tirta

Di samping itu, Gunernur Lampung juga sebelumnya telah mengingatkan kepada para peserta untuk mengikuti prosedur tes dengan baik. “Jangan pernah tergoda dengan orang yang mencoba untuk merayu seolah-olah bisa mencarikan jalan untuk diterima,” tambahnya.

Segala bentuk kecurangan, kata dia, akan ditindaklanjuti. Sehingga dia berharap tidak ada oknum-oknum yang akan memanfaatkan situasi.

Kepala kantor regional V BKN, Julia Leli Kurniatri menambahkan, guna mengantisipasi adanya joki dalam pelaksanaan tes, pihaknya telah menerapkan deteksi wajah. “Jadi kita pastikan (peserta tes, red) orang yang sama,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, mengingat masa pandemi covid-19 yang belum berakhir, pihaknya menyiapkan ruang-ruang khusus bagi setiap peserta.

“Jadi kita memfasilitasi untuk (peserta, red) yang sehat ada ruangan, yang negatif tapi suhu 37,3 derajat ada juga ruangan, bahkan yang positif pun dijadwalkan ulang tesnya,” katanya.

Baca Juga:   KUA PPAS APBD 2022 Sudah Diserahkan Pemprov Tapi Belum Dibahas, Ini Kata Ketua DPRD Lampung

Dia meyakinkan, pihaknya memberikan fasilitas yang sama kepada semua warga masyarakat yang ingin menjadi PNS.

“Kami juga mengapresiasi generasi muda yang mendaftar menjadi CPNS baik itu PPPK Guru dan non Guru mereka punya kepedulian besar untuk bersama-sama mengembangkan negeri ini,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Prof. Dr. Sukrasno, M.S., mengatakan, pihahkan telah menyiapkan perangkat komputer sebayak 400 unit dan 40 unit cadangan untuk pelaksanaan tes SKD CPNS 2021.

“Di samping itu, UPT TIK kami juga didukung dengan sistem IT yang baik. Karena kami memberdaya anak-anak milenial untuk mengoperasikannya,” tambahnya.

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan genset untuk saat darurat seperti mati lampu dan lain-lain. Sementara untuk kapasitas ruangan dibuat berjarak sesuai protokol kesehatan dengan jumlah peserta mulai dari 40 hingga 60 orang. (Ega/yud)




  • Bagikan