Ratusan Siswa SMA/SMK Ikuti Pelatihan Gratis IT IIB Darmajaya

  • Bagikan
Pelatihan Information Technology (IT) di Laboratorium Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Sabtu (6/4). FOTO DARMAJAYA FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengetahuan information technology (IT) membuka wawasan generasi muda terhadap teknologi. Terlebih di era digital dan teknologi industry 4.0, generasi milenial atau generasi muda terutama siswa SMA/SMK harus melek IT.

Hal itu dikatakan Ketua Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng., saat pelatihan Information Technology (IT) di Laboratorium Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, Sabtu (6/4).


“Pelatihan ini akan membuka wawassan adik-adik soal teknologi. Zaman dulu penggunaan teknologi memang sudah menggunakan komputer tetapi belum ada zahir dan mikrotik seperti sekarang ini. Sehingga, adik-adik harus benar-benar memahami materi yang akan disampaikan,” kata Bayu—panggilan akrab Bayu Nugroho.

Baca Juga:   Selamat ! Tendik Asal Tuba Raih Penghargaan Guru Inspiratif Nasional

Sementara, Randy Estian Pambudi, ketua pelaksana kegiatan mengatakan
pelatihan IT dengan tema Through Your Future With Laboratorium Komputer IIB Darmajaya menyentuh sasaran siswa dan siswi SMA/K di Lampung. “Tujuannya melatih kemampuan siswa dalam hal IT,” kata dia.

Pelatihan diikuti 102 peserta dengan rincian akuntansi diikuti oleh 23 peserta, multimedia 26 peserta, Internet of Things 17 peserta, dan jaringan sebanyak 36 orang. “Mereka akan mengikuti pelatihan IT sesuai bidang yang mereka inginkan,” kata dia.

Terpisah, Wakil Rektor I IIB Darmajaya Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengatakan, pelatihan IT merupakan bagian Tridarma perguruan tinggi. “Program kerja laboratorium komputer Darmajaya ini juga sebagai pengenalan fasilitas kampus. Kita memiliki laboratorium sebagai penunjang kegiatan pembelajaran kuliah dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga:   Literasia ajak Kepala SMA/SMK se Lampung untuk Gunakan Aplikasi Perpustakaan dan Media Pembelajaran Digital

Doktor lulusan Jepang ini berharap kegiatan dapat berjalan lancar. “Materi yang disampaikan diharapkan bisa diserap dan dipahami peserta sehingga menambah pengetahuannya. Di era digitall dan Teknologi Industri 4.0, mau tidak mau, generasi muda kita dimulai sejak SMA/SMK memang harus menguasai teknologi,” kata dia.

Dia juga mengatakan dalam era digital sekarang ini, semua hal mengunakan teknologi. Sebab, teknologi dapat menciptakan pekerjaan baru. Dokumen dan informasi telah beralih pada bentuk digital.

“Untuk menjadi yang terbaik dan tetap bersaing di segala bidang, tentunya harus memiliki kemampuan teknologi yang baik,” kata dia. (rls/apr/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan