Ratusan Siswa SMAN 1 Metro Lampung Antusias Ikuti Tes Minat dan Kepribadian yang diselenggarakan Universitas Al-Azhar Indonesia


RADARLAMPUNG.CO.ID – Para siswa kelas XII kerap bimbang saat menentukan program studi di universitas. Melalui tes minat dan kepribadian, para siswa diharapkan lebih percaya diri dalam memahami minat berikut potensinya masing-masing khususnya saat memilih program studi di jenjang S1.

Penegasan itu disampaikan psikolog dari Universitas Al Azhar Indonesia atau UAI Andri Hadiansyah di sela-sela tes minat dan kepribadian yang diikuti 340 siswa SMAN 1 Metro Lampung pada Rabu, 26 Januari 2022.





“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para pelajar lebih siap untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa rasa ragu terhadap kepribadian dan minat yang ada dalam diri mereka. Dengan begitu muncul keyakinan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian mereka sendiri,” ujar Andri Hadiansyah.

Menurut pria kelahiran Jakarta ini, pemilihan program studi di universitas perlu dipertimbangkan secara matang oleh para siswa kelas XII. Hasil tes minat dan kepribadian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengarahkan dan membimbing siswanya yang akan memasuki penididikan tinggi. Untuk itulah tes minat dan kepribadian yang diselenggarakan bisa menjadi solusi praktis dalam melihat serta memahami potensi para siswa.

“Kami dari Universitas Al Azhar Indonesia menyadari hal itu dan berharap tes minat dan kepribadian yang diselenggarakan di sekolah ini dapat membantu pelajar dalam merencanakan tujuan pendidikan yang hendak dipilih selepas lulus SMA.”,  ujar Andri Hadiansyah.

Wakil Kepala Sekolah bagian Humas SMAN 1 Metro Lampung, Sriwijayanti, menyambut positif program kerja sama yang ditawarkan oleh Universitas Al Azhar Indonesia ini. Kegiatan tes minat dan kepribadian yang dipastikan akan berdampak positif terhadap para siswa yang mengikutinya.

“Tes yang dilaksanakan oleh Universitas Al Azhar Indonesia bekerja sama dengan SMAN 1 Metro Lampung ini pastinya sangat membantu. Apalagi saat ini siswa kelas dua belas sangat membutuhkan arahan dalam hal memilih program studi di perguruan tinggi. Jadi kami berharap event ini bisa berlanjut di waktu mendatang,” ujar Sriwijayanti.

Dalam tes yang diselenggarakan sesuai standar yang berlaku, para siswa kelas XII terlihat antusias mengerjakan materi yang diajukan. Tim dari UAI terlihat terus memantau serta merespon pertanyaan dari sejumlah siswa di sela-sela pengerjaan tes.

Tes minat dan kepribadian yang digelar di SMAN 1 Metro Lampung ini merupakan tes pertama yang dilaksanakan oleh Universitas Al Azhar di Provinsi Lampung. UAI memberikan kesempatan bagi sekolah lain untuk mengikuti tes sejenis bagi siswa kelas XII di SMA maupun yang sederajat. Dengan mengetahui minat dan kepribadian siswa secara lebih dini, diharapkan potensi generasi muda Indonesia bisa dipetakan lebih awal guna menyongsong era Indonesia Emas secara lebih baik.