Rayakan HUT RI, Dubes RI Sjachroedin ZP Berpamitan Dengan WNI di Kroasia

  • Bagikan
Dubes RI Sjachroedin ZP menjadi pembina upacara HUT RI di Kedubes Kroasia. Dalam kesempatan ini mantan Bupati Lamsel Rycko Menoza membacakan teks proklamasi. Foto-Foto ist.

RADARLAMPUNG.CO.ID-Peringatan HUT RI ke-76 juga dilaksanakan di Zagreb, Kroasia Selasa (17/8) waktu setempat. Meski sempat diguyur hujan namun pelaksanaan upacara bendera yang dihadiri Dubes RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP ini tetap berjalan khidmat.

Sjachroedin ZP yang menjadi pembina upacara mengenakan pakaian adat daerah Lampung. Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai pukul 10.00 waktu Kroasia. Teks Proklamasi dibacakan oleh Rycko Menoza SZP yang juga memakai pakaian adat Lampung.


Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, upacara 17 Agustus akan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebagian besar dari mereka yang hadir adalah WNI yang tinggal di wilayah Zagreb, dan Dalmacia. dan ada juga dari perbatasan Slovenia, Bosnia, Hungari, dan Serbia turut meramaikan acara ini, sebagian besar mereka hadir dengan memakai pakaian adat daerahnya.

Baca Juga:   Silaturahmi Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orangtua Kita

“Hujan tidak menyurutkan semangat Masyarakat Indonesia di Kroatia yang tetap antusias mengikuti upacara melaksanakan Upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Sjachroedin ZP.

Selain itu. Mantan Gubernur Lampung itu juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Indonesia yang semangat menempuh perjalanan dari rumah ke KBRI untuk mengikuti upacara HUT RI ke 76 tahun.

“Terimakasih yang tak terhingga untuk warga Indonesia yang telah hadir di upacara hari kemerdekaan ini, walaupun diguyur hujan semangat kita tidak akan pernah surut. Sangking cintanya kepada Indonesia Ada yang menempuh perjalanan 2 sampai 3 jam ke KBRI,” ucapnya.

Di penghujung pidatonya Sjachroedin ZP juga pamit pulang ke tanah air karena masa baktinya sebagai Duta Besar Indonesia Untuk Kroasia segera berakhir.

Baca Juga:   Bank Dunia Puji Capaian Vaksinasi di Indonesia

“Ini upacara terakhir saya di Kroasia, Banyak kenangan di Kroasia yang tidak akan bisa saya lupa. Kita berpisah bukan untuk selamanya, karna persaudaraan bukan hanya sebatas saya mengemban tugas di KBRI Kroasia saja, saudara tetap saudara mau sampai kapanpun saya tetap anggap semua saudara sampai akhir hayat. Terimakasih Buat masyarakat Indonesia yang berada di Kroasia yang sudah banyak berkarya dan melestarikan budaya Indonesia di Kroasia,” katanya.

Seusai upacara WNI bersama keluarga bersuka ria merayakan hari kemerdekaan dengan mengikuti lomba-lomba yang di ikuti seluruh WNI yang hadir dan seluruh kegiatan sudah mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (rls/wdi/wdi)




  • Bagikan