Realisasi PBB Tanggamus 91,89 Persen, Ini Kendalanya  

  • Bagikan
SUHARTONO

radarlampung.co.id – Hingga pertengahan Desember, realisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) Tanggamus mencapai 91,89 persen. Sejumlah kendala menyebabkan penagihan tidak berjalan maskimal.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanggamus Suhartono mengatakan, dari 20 kecamatan, baru delapan yang lunas PBB-P2. Yaitu Kecamatan Ulubelu, Limau, Bulok, Airnaningan, Sumberrejo, Pulaupanggung, Semaka dan Kelumbayan Barat.


”Kami sudah keliling ke kecamatan menanyakan realisasi PBB. Khususnya yang masih rendah seperti Kecamatan Kotaagung,” kata Suhatono, Sabtu (15/12).

Terungkap kendala yang dihadapi pihak kecamatan. Salah satunya, aparat pekon kerap tidak ada di tempat. Sementara mereka tidak menyetorkan hasil penagihan. Ini menyebabkan tagihan tidak bertambah, meski sudah jatuh tempo 30 September lalu.

”Ada juga aparat pekon yang menyetorkan hasil penarikan pajak. Namun tidak mau bayar denda. Padahal penyetoran sudah lewat 30 September,” ujarnya.

Karena itu, ke depan kembali disosialisasikan dan penekanan bahwa pajak itu penting. Sebab tujuannya untuk pembangunan daerah yang manfaatnya dirasakan masyarakat.

”Selama ini, wajib pajak masih menganggap bayar PBB tidak perlu. Begitu juga aparat pekon yang menariknya, tidak serius,” ucapnya. (ral/ehl/ais)

 




  • Bagikan