Realisasi Penerimaan Pajak Baru 75,6 Persen

  • Bagikan
Dudi Effendi menjelaskan realisasi penerimaan pajak tahun 2018. FOTO ELGA PURANTI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Target penerimaan pajak Kanwil DJP Bengkulu Lampung tahun 2018 sebesar Rp10,4 triliun. Sementara hingga akhir November 2018, realisasi penerimaan pajak baru mencapai 75,6 persen.

Capaian tersebut disampaikan Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil DJP Bengkulu Lampung Dudi Effendi dalam media gathering, Senin (17/12).


Dudi mengatakan, belum tercapainya realisasi penerimaan pajak tersebut dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya, beberapa komuditas pertanian seperti kelapa sawit dan kopi tidak mengalami peningkatan harga yang signifikan. Padahal kondisi perekonomian di Lampung, didominasi sektor komuditas pertania.

“Jadi walaupun harga tidak turun besar, tapi juga (harganya, Red) tidak meningkat signifikan. Tetapi produksinya juga masih baik sehingga penerimaannya tidak turun begitu tajam,” jelas Dudi dalam paparannya.

Baca Juga:   Sinergi Terbentuk, Bisnis BRI Didorong Dari Mikro, Oleh Mikro, Dan Untuk Mikro

Hal lainnya yang turut mempengaruhi, sambung dia, yakni luasan wilayah Bengkulu-Lampung yang membuat penyerapan potensi pahaknya memang perlu untuk dimaksimalkan. Hingga saat ini, DJP Bengkulu Lampung juga telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penyarapan penerimaan pajak.

Di antaranya, memaksimalkan sumber penerimaan pajak seperti penggunaan anggaran swasta dan pemerintah. “Sementara hingga saat ini masih ada instansi pemerintahaan yang belum mengoptimalkan penyerapan anggarannya. Kita berharap instansi pemerintah bisa melakukan penyerapan anggaran hingga akhir tahun,” katanya. (ega/sur) 




  • Bagikan