Rektor UTI Pandu Diskusi Forum Rektor Indonesia

  • Bagikan
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, S.E., MBA saat menjadi moderator pada diskusi Forum Rektor Indonesia 2021, Selasa (27/7). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Presiden Joko Widodo membuka Konvensi Kampus XVII dan Temu Tahunan XXIII Forum Rektor Indonesia (FRI) secara virtual, Selasa (27/7).

Rektor Universitas Teknokrat Indonsia (UTI) Dr. HM. Nasrullah Yusuf. S.E., MBA. menjadi moderator dalam sesi diskusi yang diikuti 400 lebih peserta.


Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan, beban berat karena pandemi Covid-19 harus ditanggung bersama. Mulai dari ekonomi, kesehatan hingga pendidikan.

“Maka dari itu, perguruan tinggi harus memfasilitasi mahasiswa untuk belajar apapun dan dimanapun. Eksposure mahasiswa dan dosen harus ditingkatkan. Industri sebagai tenan juga harus ada. Para mahasiswa harus dididik memecahkan masalah dengan Iimu pengetahuan, tekonologi dan kewirausahaan. Harus mampu bekerja di pasar kerja yang semakin terbuka,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:   Ciptakan Mahasiswa Generasi Unggul Teknokrat, Brigif 4 Marinir Bekali Pendidikan Bela Negara

Menurut presiden, pembelajaran dari para praktisi sangat penting untuk difasilitasi. “Kampus merdeka adalah instrumen penting belajar. Kepada siapa saja, di mana saja. Di-update informasi terbaru dan diberikan kepada mahasiswa,” tegasnya.

Sementara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan tema diskusi strategi implementasi MKBM, riset dan inovasi dalam mewujudkan perguruan tinggi yang inovatif, produktif, adaptif dan kompetitif, di dunia global.

“Kita perlu semangat baru, menjadi negara percontohan dan mewujudkannya membutuhkan perubahan besar. Mengupayakan perguruan tinggi bisa mencapai standar internasional melalui merdeka belajar. Mengeksplorasi memilih program kampus merdeka, merintis usaha, mengajar SD/SMP, dan lainnya. Di sini rektor berperan penting untuk meyakinkan dosen dan mahasiwa baru lebih inovatif, dan berharap mendapatkan gagasan yang cemerlang untuk dunia pendidikan,” kata Nadiem.

Baca Juga:   Selamat! Shine Rahma Dilla, Siswi SMAN 14 Bandarlampung Raih Juara I KOMBANAS Provinsi Lampung Maju ke Tingkat Nasional




  • Bagikan