Remaja Berperan Penting Dalam Mencegah Stunting

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID– BKKBN Provinsi Lampung terus mengenjot upaya pencegahan stunting di Sai Bumi Ruwa Jurai. Salah satunya melalui program Generasi Berencana (GenRe) Sunmori. Hal itu disampaikan Subkoordinator Ketahanan Remaja BKKBN Lampung, Apsari Melati Prameswari, S.Psi. siang ini (18/10).

’’Selama pandemi Covid-19 kita kan banyak tertinggal. Makanya sekarang kita kejar ketertinggalan itu. Jika biasanya kita adakan pertemuan setiap dua bulan, ini kita upayakan sesering mungkin,’’ ungkapnya.


Seperti Sabtu (16/10) BKKBN bersama GenRe Lampung berkunjung ke Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Sejahtera Institut Teknologi Sumatera (Itera), maka Sabtu (23/10) mendatang akan roadshow ke Universitas Muhammadiyah Metro.

Apsari berharap kegiatan itu dapat memperkuat peran PIK R dalam promosi program GenRe dan pelaksanaan kegiatan ramah remaja. ’’Remaja memiliki peran penting dalam menurunkan dan pencegahan stunting,’’ tandasnya.

Karenanya, remaja harus benar-benar memahami siklus kehidupan. Dimulai dari persiapan berkeluarga dengan menikah di usia yang tepat, yakni 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Lalu, hamil di usia yang sesuai dan mempersiapkan 1.000 hari awal kehidupan dengan sebaik-baiknya.

’’Jika seluruh remaja memiliki pemahaman yang baik tentang generasi berencana, pasti persoalan stunting bisa diminimalisasi atau bahkan ditiadakan. Karenanya kita terus berupaya melakukan penguatan peran PIK R baik melalui jalur masyarakat maupun pendidikan untuk mewujudkan generasi remaja yang berencana, bebas stunting dan sehat mental. Karena berencana itu keren!’’ pungkasnya. (nui/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan