Resmi Dibuka, Festival Batik Lampung Tonjolkan Motif Sebage

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal (baju kuning) saat melihat pertunjukan fashion show yang mempamerkan berbagai motif batik pada Festival Batik Lampung, Rabu (30/10). Foto M. Tegar Mujahid/ Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Festival Batik Lampung resmi dibuka Sekprov Lampung Fahrizal Darminto di Halaman Gedung Dekranasda Provinsi Lampung, Rabu (30/10). Gelaran pameran ini menyuguhkan berbagai motif batik khas Lampung.

Termasuk yang sedang dipopulerkan kembali oleh Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal. Yakni, motif batik sebage khas Lampung. Menurutnya, motif Sebage memiliki makna tersendiri di setiap corak penampilannya.

“Dalam kegiatan ini kami ingin sekali kembali mempopulerkan batik Sebage. Motif batik ini merupakan khas Lampung. Batik ini memang tidak ada pakemnya, jadi memang lebih mudah dikreasikan dengan ornamen lain,” kata Riana dalam sambutannya.

Dengan mempopulerkan kembali motif ini, Riana berharap kain batik Lampung juga bisa dikenal hingga tingkat nasional. Sehingga jika orang melihat batik Sebage, maka akan ingat provinsi Lampung.

Baca Juga:   PPKM, Pendapatan PKB Turun 15 Persen

“Ke depannya, saya ingin batik Lampung juga seperti batik Jawa. Ketika orang melihat maka langsung mengetahui bahwa itu batik Lampung,” imbuhnya.

Menurut Riana, saat ini motif kain batik sangat beragam, bahkan motif batik Lampung juga telah berkembang pesat. Banyak motif khas Lampung yang bisa temui saat ini seperti motif Gajah, Kupu-Kupu, Siger dan lainnya.

Sementara usai membuka festival Batik Lampung, Sekprov Lampung Fahrizal Darminto menyebut kegiatan ini dilakukan guna mempopulerkan kain batik Khas Lampung. Di mana, nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pengrajin batik di Lampung.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan festival batik yang pertama digelar Dekranasda Lampung. Maka kami berharap kegiatan ini menjadi kegiatan untuk mengembangkan dan mengenalkan kain batik Lampung,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan