Ribuan Pelanggaran Per Hari Terekam Kamera ETLE

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setidaknya ada sebanyak 1000 pelanggaran per hari, yang terekam kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Satlantas Polresta Bandarlampung.

Namun, dari jumlah tersebut, hanya sekitar 20 sampai 30 pelanggaran yang berhasil divalidasi petugas ETLE Polresta Bandarlampung.


Hal tersebut diungkapkan Pjs. Kasatlantas Polresta Bandarlampung, AKP Rohmawan melalui Petugas Back Office ETLE, Bripka Rendy Firanda pada Selasa (2/11).

“Kalau untuk pelanggar yang terekam kamera itu naik – turun jumlahnya per hari. Kisaran 1000 per hari. Namun yang divalidasi jumlahnya sekitar 20 sampai 30 pelanggaran per hari,” ujarnya.

Berdasarkan catatan, pelanggaran yang terekam kamera ETLE sejauh ini didominasi oleh jenis pelanggaran rambu lalulintas. “Seperti melanggar lampu merah dan melawan arus,” tambahnya.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 700 surat konfirmasi yang dikirimkan kepada pelanggar. “Jadi setelah divalidasi, kita kirimkan surat konfirmasi ke pelanggar untuk kemudian dilakukan proses tilang,” katanya.

Baca Juga:   Dua Terpidana Suap Fee Proyek Lampura Kembali Diperiksa KPK

Disinggung soal kendala yang ditemui dalam pelaksanaannya, menurut Rendi, sejauh ini pihaknya memang sempat menemukan beberapa kendala teknis. Seperti server yang down atau pun jaringan yang lambat.

Meski begitu, pihaknya mengaku masih dapat mengatasi hal tersebut. “Untuk kendala sejauh ini, karena ini menggunakan mesin sehingga perlu pemeliharaan. Tapi sejauh ini tetap bisa kita atasi,” terangnya.

Dia juga mengatakan, sejauh ini seluruh kamera di 10 titik pantau dan 5 titik tilang juga aktif merekam aktifitas pengendara. “Meski ada beberapa kamera yang mati, tapi langsung kita perbaiki,“ tandasnya.

Adapun 10 titik Kamera Pantau antara lain yang berada di jl. Imam Bonjol (Play Over Kemiling), jl. ZA. Pagar Alam (Tugu Raden Intan), jl. Riyacudu (simpang Airan), jl. RE. Martadinata (Simpang Suka Maju) dan jl. Soekarno Hatta – Simpang Jl T Ambon.

Baca Juga:   Hakim PN Tanjungkarang Wafat, Enam Sidang Tipikor Ditunda

Kemudian, Bundaran Tugu Adipura, jl. Wolter Monginsidi (TL Gubernur), jl. Malahayati (Simpang Bank BCA), jl. Sudirman (Play OVer Pahoman) dan jl. Raden Imbah Kusuma (Tugu Durian).

Sedang 5 Kamera Tilang yakni di jl. Sultan Agung Simpang TL Kimaja dari (Arah Play Over Kimaja), jl. Cut Nyak Dien Simpang TL Tamin dari (Arah Agus Salim Bawah), jl. Pattimura TL Begadang Resto dari (Arah Jalan Pattimura), jl. ZA. Pagar Alam JPO UBL dari (dua Arah) dan jl. Kartini JPO Garuda. (Ega/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan