Ribuan Perempuan di Pesbar Ambil Peran Jadi Kepala Rumah Tangga

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pesisir Barat mencatat, 1.122 perempuan di kabupaten itu berperan sebagai kepala rumah tangga.

Plt. Kepala Dinas PPPA Pesbar Budi Wiyono melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan Bambang Sugiman mengatakan, beragam penyebab sehingga perempuan mengambil peran sebagai kepala rumah tangga.

Mulai dari perceraian hingga suami meninggal dunia. Bahkan sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu.

“Dinas PPPA terus berupaya memaksimalkan peningkatan kualitas keluarga tersebut. Salah satunya dengan pelatihan keterampilan terhadap perempuan yang menjadi kepala rumah tangga,” kata Bambang Sugiman.

Baca Juga:   Mahasiswa STMIK Pringsewu Dapat Ilmu Jurnalistik

Untuk tahun ini, dilakukan pembinaan terhadap 160 kepala keluarga perempuan yang tersebar di lima kecamatan. “Diharapkan ke depan, perempuan yang menjadi kepala rumah tangga itu bisa diberdayakan dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga:   Mahasiswa STMIK Pringsewu Dapat Ilmu Jurnalistik

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, data kepala rumah tangga perempuan pada 2021 itu terus mengalami perubahan. “Artinya, jika ada perempuan kepala rumah tangga yang sudah menikah lagi, maka secara otomatis sudah tidak lagi tercatat,” pungkasnya. (yan/ais)






  • Bagikan