RSUDS Berencana Jadikan Eks Asrama Pegawai Jadi Ruang Isolasi

  • Bagikan
Direktur RSUD Sukadana dr. Wayan Widyana

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana (RDUDS) Lampung Timur berencana memanfaatkan asrama pegawai untuk ruang isolasi pasien Covid-19. Direktur RSUDS dr. Wayan Widyana menjelaskan, saat ini total pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan sebanyak 38 orang.

Dari jumlah tersebut, 32 di antaranya ditempatkan di ruang isolasi. Sementara, 6 lainnya masih observasi di ruang unit gawat darurat (UGD)

Dilanjutkan, total bed (tempat tidur) di ruang isolasi berjumlah 46. Karenanya, bila 6 pasien yang ada UGD dipindahkan ke ruang isolasi masih mencukupi.

Namun, untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19, RSUDS berencana menambah bed. Termasuk memanfaatkan eks asrama pegawai yang selama ini dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan medis.

Baca Juga:   Sempat Ditolak Legislatif, Eksekutif Lamtim Siap Kembali Ajukan Rancangan KUA-PPAS APBDP

Lebih lanjut dijelaskan, bila asrama pegawai itu dimanfaatkan, dapat digunakan untuk isolasi 18 pasien. “Bila masih kurang, ruang perawatan lainnya juga dapat digunakan untuk ruang isolasi,” terangnya, Minggu (20/7).

Ditambahkan, untuk perawatan pasien Covid-19, RSUDS sempat kekurangan stok oksigen. Namun, saat ini kebutuhan oksigen telah tercukupi dengan adanya kiriman 60 tabung dari Sumatra Selatan.

Begitu juga untuk obat-obatan, saat ini masih mencukupi. Kendati demikian, guna mengantisipasi lonjakan Covid-19, RSUDS masih mengajukan tambahan tabung oksigen dan obat-obatan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, saat ini total warga Lamtim yang terkonfirmasi sebanyak 3.391 atau bertambah 66 kasus baru dibanding sehari sebelumnya.

Baca Juga:   Penampakan Ruang Asrama Haji Rajabasa yang Akan Jadi RS Darurat

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, 66 kasus baru itu tersebar di 16 kecamatan. Masing-masing, 16 warga Kecamatan Sekampung, 7 Raman Utara, 7 Purbolinggo, 5 Bandarsribawono, 4 Sukadana, 4 Mataram Baru, 4 Pasir Sakti, 3 Melinting, 3 Sekampung Udik, 3 Labuhan Maringgai, 2 Batanghari Nuban, 2 Way Jepara, 2 Jabung, 2 Way Bungur, 1 Marga Tiga, dan 1 Marga Sekampung.

Dari 3.391 yang terkonfirmasi, sebanyak 2.018 telah sembuh dan selesai isolasi atau bertambah 30 dibanding sehari sebelumnya. Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 215 atau bertambah 4 dibanding sehari sebelumnya. (wid/sur)




  • Bagikan