Rumah BUMN Bakauheni Binaan BRI RO Bandarlampung Ciptakan UMKM Berkualitas


Salah satu pengunjung Rumah BUMN yang ada di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel). Foto : Yuda Pranata/Radarlampung.co.id
Salah satu pengunjung Rumah BUMN yang ada di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel). Foto : Yuda Pranata/Radarlampung.co.id

//Melihat Rumah BUMN Bakauheni yang Menaikkan Level UMKM//

Banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang naik kelas lahir dari Rumah BUMN di Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel). Sebut saja Rafins Snack, Madu Suhita dan UMKM lainnya. Usaha mereka sudah masuk ke Pasar Nasional maupun Internasional. Seperti apa Rumah BUMN Binaan BRI Regional Office (RO) Bandarlampung?





Laporan : Yuda Pranata/Lampung Selatan

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa BUMN merupakan Badan Usaha Milik Negara. Banyak usaha-usaha negara yang berada di bawah naungan BUMN. Salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Saat ini, jumlah pelaku UKM di Indonesia telah mencapai lebih dari 57 juta (rumah-bumn.id). Sebagian besar merupakan para pelaku usaha mikro. Hal ini menunjukkan, potensi UKM sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia untuk meningkatkan kemakmuran negeri.

BUMN sebagai agent of development telah mengembangkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan kualitas UKM. Salahsatunya dengan mendirikan Rumah BUMN.

Didirikannya Rumah BUMN, sebagai Pertumbuhan pasar global yang telah menggeser paradigma bisnis nasional. Dimana UKM memegang peranan penting dalam memakmurkan ekonomi negara. Baik melalui penciptaan lapangan kerja, mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan inovasi baru.

Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, Kementrian BUMN bersama perusahaan milik negara membangun Rumah BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas.

Visi dan Misi Rumah BUMN, akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UKM dalam hal Peningkatan kompetensi, Peningkatkan Akses Pemasaran dan Kemudahkan akses Permodalan.

Atas dasar tersebut, BRI RO Bandarlampung yang membawahi Provinsi Lampung dan Bengkulu membuat Rumah BUMN di 2 tempat. Yakni berada di Provinsi Lampung dan Bengkulu.

Khusus di Provinsi Lampung, BRI RO Bandarlampung menempatkan Rumah BUMN di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Untuk menuju ke Rumah BUMN, butuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandarlampung. Tim Radarlampung.co.id, didampingi Salah satu Pegawai BRI yang ada Kalianda Lamsel.

Lokasi Rumah BUMN itu, berada di lantai 2 Dermaga Eksekutif, tepatnya di depan pembelian loket pejalan kaki. Disalah satu ruko itu, terpampang dengan jelas Neon Box bertuliskan Rumah BUMN Bakauheni dengan slogan Jembatan UMKM Nusantara.

Ya, di lokasi tersebut, sudah menciptakan ratusan UMKM berkualitas. Ruko yang memiliki luas sekitar 10×12 itu, memiliki 3 ruangan. Ruangan utama, tepajang produk-produk UMKM yang ditaruh di atas etalase. Seperti Produk Kerajinan, makanan snack, Fashion, souvenir dan berbagai macam produk UMKM lainnya.

Sebelah kanan bagian depan ruko, terdapat sebuah ruangan dengan luas sekitar 3×5 meter. Ruangan itu, ternyata dijadikan sebagai tempat pelatihan bagi para pelaku UMKM.

Pantauan radarlampung.co.id, ruangan yang mendominasi berwarna Coklat dan putih itu, terdapat meja berukuran sekitar 1×3 meter. Dinding depan, terdapat gambar pohon dan Whiteboard (papan tulis). Ruangan itu pun terdapat foto-foto para UMKM yang mengikuti pelatihan di Rumah BUMN.

Sebelah kiri belakang Ruko, terdapat Ruangan yang berukuran sekitar 3×5 meter. Itu merupakan tempat konsultasi para pelaku UMKM.

Berbeda dengan ruangan pelatihan yang dibuat tertutup agar peserta konsentrasi mengikuti pelatihan. Di ruangan konsultasi ini, dinding depannya dibatasi dengan sebuah kaca, sehingga pengunjung bisa melihat langsung kapal ferry yang bersandar di Dermaga Eksekutif. Ruangannya pun dibuat berwarna-warni.

Informasi yang dihimpun Radar Lampung, Rumah BUMN yang berada di Dermaga Eksekutif pelabuhan Bakauheni Lamsel ini berdiri sejak Maret 2019.

Ada beberapa tujuan dibuat Rumah BUMN ini. Seperti untuk mengembangkan UMKM, sebagai Basecamp Millenial, Co Working Space (tempat berkumpul para komunitas), sebagai Informasi kemitraan, dan masih banyak lagi tujuannya.

Heri (34) salah satu pengunjung Rumah BUMN mengaku sangat antusias dengan Hadirnya Rumah BUMN. Menurutnya, adanya rumah BUMN, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Rumah BUMN ini sangat baik, tertata dengan rapih. Saya dengar, rumah BUMN ini sudah melahirkan pelaku UMKM yang berkualitas,” Ujarnya. (*)