Rumah Warga Terancam, BPBD Belum Ada Anggaran Penanganan Abrasi

  • Bagikan
Rumah Warga Terancam, BPBD Belum Ada Anggaran Penanganan Abrasi
Bangunan di Kelurahan Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Barat yang terancam karena jebolnya talud penahan abrasi. Hingga saat ini, belum ada penanganan dari pihak terkait. FOTO YAYAN PRANTOSO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hingga saat ini belum ada penanganan talud penahan abrasi pantai di Lingkungan Pasar Mulya Barat, Kelurahan Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat (Pesbar) yang jebol, Minggu (5/12).

Kondisi ini kian mengancam pemukiman warga. Seperti disampaikan Soni Sisnur, salah seorang warga yang sebagian rumahnya rusak akibat abrasi akhir 2021 lalu.



“Sampai sekarang belum ada penanganan sama sekali dari BPBD Pesbar. Padahal ini sudah mengancam rumah kami. Setidaknya bisa dibantu untuk penanganan sementara,” kata Soni Sisnur, Selasa (11/1).

Dilanjutkan, karena belum ada penanganan, dirinya berinisiatif menimbun bagian bangunan yang terdampak abrasi dengan menggunakan tumpukan karung diisi pasir. Dapur dan kamar mandi hancur akibat dihantam gelombang.

Sementara Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Pesbar Kurdi mengaku pihaknya sudah meninjau lokasi talud yang jebol. Tapi untuk penanganan sementara, hingga kini belum ada. Alasannya karena anggaran daerah sangat terbatas.

“Kita berharap agar dimaklumi. Sehubungan dengan anggaran yang terbatas itu, maka sampai sekarang belum ada penanganan. Ke depan, mudah-mudahan kita ajukan anggaran untuk penanganan abrasi itu ke pemerintah pusat,” pungkasnya. (yan/ais)






  • Bagikan