Sabar, Honor TKD Bakal Cair, Tapi Dipotong 50 Persen


ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sudah tiga bulan, honor tenaga kontrak daerah (TKD) Pesisir Barat (Pesbar) belum dibayar. Alasannya, belum ada permintaan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kepala BPKAD Pesbar Kasmir mengatakan, selain masih menunggu permintaan pembayaran dari OPD untuk honor TKD, pihaknya juga menunggu petunjuk teknis (juknis) dan surat keputusan (SK) Bupati mengenai pembayaran honor.





“Setelah ada permintaan untuk pembayaran dan juknis serta SK bupati-nya, segera kita proses pembayaran honor TKD,” kata Kasmir, Jumat (25/3).

Menurut dia, honor TKD sejak Januari hingga Maret 2022 belum dibayarkan. Diperkirakan, akan dibayarkan sekaligus. Untuk anggaran yang disiapkan selama satu tahun mencapai Rp16 miliar.

”Ada penurunan dari tahun lalu. Sebab Pesbar mengalami defisit keuangan. Dampak dari itu, honor TKD tahun 2022 mengalami pengurangan 50 persen,” ujarnya.

Ia mencontohkan, jika sebelumnya TKD mendapat honor sebesar Rp1,5 juta per bulan, maka kini hanya mendapat Rp750 ribu.

“Pembayaran honor TKD itu tidak sama, disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Mudah-mudahan bisa segera dibayarkan,” tukasnya. (yan/ais)