Sambut Lebaran, Warga Takbiran dengan Pawai Obor


Anak-anak dan warga setempat antusias mengikuti takbiran dengan Pawai Obor di komplek Perumahan BKP, Rajabasa, Bandarlampung, Minggu (1/5). (Foto Dok. Pengurus Masjid Khairu Asy-Syuhada)
Anak-anak dan warga setempat antusias mengikuti takbiran dengan Pawai Obor di komplek Perumahan BKP, Rajabasa, Bandarlampung, Minggu (1/5). (Foto Dok. Pengurus Masjid Khairu Asy-Syuhada)

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan anak-anak, bapak-bapak, hingga emak-emak antusias berjalan keliling komplek sembari membawa obor, dari Masjid Khairu Asy-Syuhada, Perumahan Bukit Kemiling Bukit Permai (BKP), Rajabasa, Bandarlampung, Minggu (1/5) malam.

Sembari menggenggam obor dari bambu dan diiringi tabuhan bedug, mereka larut dalam kemeriahan pawai obor dan melantunkan gema takbir.





Pawai obor sudah menjadi tradisi tahunan malam takbir di konplek tersebut.

Johan Efendi (63), Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) setempat menjelaskan, pawai tersebut merupakan tradisi tahunan. Tidak hanya malam takbir Idul Fitri, namun juga di semua hari-hari raya besar Islam.

“Alhamdulillah pawai obor ini merupakan keinginan anak-anak risma dan warga di masjid ini. Setiap hari raya besar Islam, warga ingin ada pawai obor. Antusias masyarakat di sini memang sangat besar,” kata Johan, Minggu (1/5).

Baca Juga:   KWRI Bandarlampung Kutuk Kekerasan Tentara Israel yang Tembak Mati Wartawan Al Jazeera

Dia menjelaskan, pawai obor bukan hanya bermaksud untuk meramaikan suasana malam takbir jelang hari raya Idulfitri. Pawai obor menurutnya bermakna sangat penting terutama sebagai wadah edukasi bagi anak-anak mengenai pentingnya menggemakan takbir di malam kemenangan.

“Ya, pawai obor ini untuk memberikan momen bagi anak-anak, terutama bagaimana mensyiarkan agama Islam. Daripada jalan-jalan ke mall di malam takbir, lebih baik berkumpul positif dengan bertakbir,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Johan menuturkan meskipun tradisi Hari besar Islam, namun sebelumnya sempat dua tahun tidak ada kegiatan pawai obor.

“Ya, ini dimulai lagi, meski sudah dua tahun sempat ditiadakan karena pandemi Covid,” tuturnya.

Maka dari itu, untuk tahun ini hanya dilakukan di komplek perumahan terutama di Jalan Lingkungan.

Baca Juga:   SK PPPK 2021 Kota Belum Keluar, Begini Penjelasan BKD

“Sesuai imbauan pemerintah, kami hanya menggelar pawai takbiran di Komplek Perumahan saja,” pungkasnya. (gar/sur)