Lambar  

Samsat Liwa Sosialisasikan Program E-Samdes dan L-Smart


Samsat Liwa Sosialisasikan Program E-Samdes dan L-Smart
Sosialisasi program pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menggunaan Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Smart Milik Bank Lampung yang dilakukan Samsat Liwa, Senin (24/1). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Wilayah XIV atau Samsat Liwa menyosialisasikan program pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menggunakan Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Smart milik Bank Lampung, Senin (24/1).

Kegiatan yang berlangsung di kantor UPTD Wilayah XIV Pengelolaan Pendapatan Wilayah XIV ini diikuti perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) serta pengurus sembilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).





Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Wilayah XIV Lambar Desilia Putri mengungkapkan, sembilan BUMDes menjadi pilot project program pembayaran PKB melalui E-Samdes dan L-Smart.

E-Samdes adalah aplikasi yang mengeluarkan kode bayar PKB. Dapat diakses oleh masyarakat tingkat desa atau umum dan/atau oleh petugas desa.

Baca Juga:   Segera Perbaiki Gorong-gorong Amblas di Tuguratu

Sementara L-Smart merupakan aplikasi milik Bank Lampung untuk membayar PKB setelah mendapatkan kode bayar dari aplikasi E-Samdes.

Setelah proses pembayaran berhasil, akan mencetak struk pembayaran yang dapat ditukarkan untuk pengesahan STNK dan cetak SKPD/TBPKP.

”Adanya program E-Samdes ini akan mempermudah masyarakat dalam membayar PKB. Kemudian meningkatkan pendapatan asli daerah dan pendapatan asli desa. Lalu mengedukasi masyarakat desa dengan budaya digital, efisiensi waktu, tenaga dan biaya bagi masyarakat yang jauh dari kantor Samsat, serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat daam membayar PKB,” urainya. (nop/ais)