Sapi Program 1.000 Desa Sapi Mulai Didistribusikan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program Kementerian Pertanian, 1.000 desa sapi yang bakal didapatkan lima kelompok peternak di Lampung mulai turun.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lily Mawarti mengatakan, saat ini sapi bantuan dari Kementerian Pertanian mulai diberikan ke kelompok peternak.


Lily menyebut, ada di antara kelompok peternak yang sudah mendapatkan seluruh bantuan sapi ini. Namun belum seluruhnya terisi 200 ekor sapi per kelompok.

“Sudah dalam tahap droping. Jadi ada dalam satu kandang sudah ada 200 ekor. Ini ada tambahan lagi, kemarin masuk 80 ekor sapi. Memang diberikannya bertahap,” terang Lily.

Bantuan yang diberikan ini merupakan jenis sapi lokal. Dengan harapan, 200 ekor yang terdiri dari 100 ekor untuk penggemukan dan 100 ekor untuk indukan ini bisa berkembang maksimal.

Baca Juga:   Besok, Pengurus Apindo Lampung Dikukuhkan

“Satu kelompok dapatnya 200 ekor. 100 untuk pengemukan dan 100 untuk budidaya. Yang 100 untuk penggemukan juga udah mulai saat ini. Untuk kedatangan sapinya masih berlangsung dan bertahap,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, nantinya kelompok penerima manfaat akan menerima 200 ekor sapi. Di Lampung ada 5 kelompok yang bakal menerima bantuan tersebut. Di antaranya Kelompok Bumi Asih Sejahtera (Desa Wawasan), Kelompok Sumber Rezeki (Desa Bangunsari), kelompok Sudi Makmur III (Desa Sidomukti), Kelompok Sukamaju II (Desa Purwodadi Dalam), dan Kelompok Barokah Jaya (Desa Wonodadi).

“Jadi progam ini tujuannya agar petani berorientasi bisnis. Jadi tiap kelompok dapat 200 ekor, 100 ekor akan digunakan untuk penggemukan dan 100 indukan. Diharapkan bisa muncul peternak membentuk koorporasi dan bisa dikembangkan di daerah lainnya. Peternak juga dapat bimbingan teknis langsung dari pakar yang berkaitan dengan peternakan. Rencananya sapi akan datang dalam minggu ke dua Desember dan sapinya berjenis sapi lokal,” lanjutnya.

Baca Juga:   Sepanjang 2021, Ada 2.197.258,9 Ton Timbulan Sampah di Lampung

Saat ini masih ada yang masuk dalam tahap pembuatan kandang, sekaligus menunggu sapinya datang. Selain sapi, peternak juga dapat bantuan pembuatan kandang dan bimtek pengetahuan langsung dari pakar. (rma/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan