Saply : ODF di Mesuji Tidak Hanya Seremonial

  • Bagikan

radarlampung.co.id – ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah. Salah satu tujuannya, untuk membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih dalam upaya pencegahan penyakit.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mesuji Saply TH saat menghadiri acara Penandatanganan Komitmen Bersama Dalam Rangka Percepatan ODF pada 12 Desa Perairan di Kabupaten Mesuji di Aula Kantor Bupati Mesuji Desa Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji Kamis (3/6).

Menurutnya, Masyarakat sendiri merupakan pondasi paling utama dari pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), untuk memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Karena upaya pendekatan promotif dan preventif secara berkesinambungan lebih efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan dewasa ini.

Baca Juga:   Saply Minta Muli-Mekhanai Harumkan Pariwisata Mesuji di Tingkat Nasional

“Jadi Melalui momentum ini, saya ingin agar desa-desa yang melaksanakan penandatanganan komitmen pada hari ini memiliki integritas dalam mewujudkan peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Mesuji,” ungkapnya.

Saply berharap, kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun harus diiringi dengan kerja keras bersama secara berkesinambungan, demi terwujudnya Kabupaten Mesuji menjadi Kabupaten ODF secara 100% di seluruh Desa.

“Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Mesuji sekaligus sebagai upaya mendukung Program ODF Nasional. Semoga Kegiatan ini dapat memotivasi kita semua dalam rangka membudayakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (muk/yud)



  • Bagikan