Sarankan Ibu Hamil untuk KB Setelah Punya Dua Anak


Sarankan Ibu Hamil untuk KB Setelah Punya Dua Anak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi Pustu Limanbenawi, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, Sabtu (22/1). FOTO SYAIFUL MAHRUM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kunjungan ke Kampung Limanbenawi, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah digunakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk berdialog dengan ibu-ibu hamil. Ganjar menyarankan mengikuti program KB.

Ganjar yang menyambangi Pustu Limanbenawi, disambut mahasiswi kebidanan Universitas Malahayati yang sedang KKN. “Dari mana?,” tanya Ganjar.





Ia menilai sangat tepat KKN di Pustu Limanbenawi. “Tepat KKN di sini. Ilmunya bisa dimanfaatkan, sembari belajar. Kalau bisa usulkan, satu bidan mengurus satu ibu hamil. Mulai dari proses kehamilan, kelahiran, hingga pencegahan stunting. Sambil belajar sebelum menikah,” sarannya.

Ganjar pun berdialog dengan ibu-ibu hamil. “Hamil berapa bulan? Anak ke berapa?,” tanyanya. Rata-rata menjawab hamil anak kedua.

Lantas, Ganjar menyarankan agar setelah lahir anak kedua untuk KB. “Abis lahiran ini KB ya. Harus direncanakan. Jangan nambah-nambah lagi. Cukup anak dua,” tegasnya.

Kunjungan dilanjutkan ke demplot organik dan PHT Jagung Kagama. Ganjar pun berdialog masalah pertanian. “Tanaman ini diupayakan pakai organik. Nggak apa-apa sedikit jelek-jelek, yang penting menyehatkan,” katanya.

Pengelola demplot merencanakan lokasi ini untuk agrowisata. “Kalau ini mau jadi agrowisata, harus didesain dahulu sebaik mungkin. Jadi yang datang ke sini bisa sambil belajar pengolahan. Bukan hanya bakar jagung. Tempat bakar jagungnya juga harus dibuat senyaman mungkin. Nantinya pengunjung bisa nyaman,” sebut dia. (sya/ais)