Satgas Temukan 14 Pemudik Positif Covid-19 Saat Arus Balik

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengaku dari lima langkah yang diterangkan di akun @pandemictalks telah dilaksanakan Provinsi Lampung. FOTO PRIMA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang bertugas di Posko Penyekatan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1442 H menemukan 14 orang positif Covid-19, berdasarkan hasil Test Antigen.

Kepala Dinas Kesahatan (Dinkes) Lampung Reihana menerangkan, 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19 itu didapat dalam kurun pengetatan pengawasan arus balik mulai 15 Mei ini. Saat ini ke 14 orang tersebut tengah menjalani isolasi.

“Yang positif langsung masuk untuk diisolasi 10 hari, jika hasil swab negatif bisa pulang. Tempat karantinanya sudah kita siapkan. Ada di salah satu hotel di Lampung Selatan, Puskesmas Penengahan, dan RSUD Bandar Negara Husada. Itu yang sementara diisi,” ujarnya, Senin (17/5).

Baca Juga:   Data Varian Baru Covid, Diskes Lampung Kirim Sampel WGS dan Pantau Gejala Pasien

Saat masa pengetatan pemeriksaan dokumen kesehatan pada arus balik, lanjut Reihana, Dinas Kesehatan Lampung telah mendistribusikan 12 ribu alat tes antigen di beberapa posko penyekatan. Kemudian KKP menyiapakn 40 ribu, ditambah bantuan Kemenerian Kesehatan 200 ribu alat.

“Sejauh ini telah digunakan lebih dari dua ribu alat test antigen,” ujarnya.

Untuk biaya karantina positif Covid-19, menurutnya akan ditanggung oleh pusat. “Semua biaya karantina nanti di klaim ke pusat. Kemarin ketua Satgas Pusat pak Doni bilang semua ditanggung pusat,” tuturnya.

Dengan adanya pemeriksaan dokumen kesehatan bagi pelaku perjalanan tersebut, Reihana pun berharap tidak akan terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 usai libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. “Semua langkah antisipasi juga akan terus dilakukan,” terangnya. (pip/sur)



  • Bagikan