Sebagian SMK Sudah Rampungkan Ujian Kompetensi Keahlian

  • Bagikan
Kabid SMK Disdikbud Lampung Zuraida Kherustika. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa SMK di beberapa sekolah telah selesai. Hal ini disampaikan Kabid SMK Disdik Provinsi Lampung, Zuraida Kherustika. Diketahui, pelaksanaan UKK ini dimulai pada 1 April hingga akhir semester genap tahun ajaran 2020/2021.

“Iya UKK sudah berjalan lancar, memang sudah ada beberapa sekolah yang menyelesaikan UKK,” jelasnya.

Untuk diketahui, 46.424 siswa SMK melaksanakan UKK secara luring (luar daring). Hal ini sebagai upaya penerapan ilmu terapan SMK yang memang dibutuhkan praktik langsung.

“Jadi berdasarkan surat edaran nomor 800/561/V.01/DP.3/2021, UKK merupakan ujian untuk siswa SMK untuk mengukur keahlian siswa. Sehingga, tidak bisa dilakukan secara daring. Namun pelaksanaannya akan dilakukan dengan metode rayon,” tambahnya.

Baca Juga:   Universitas Teknokrat Indonesia Berikan Pelatihan Dasar Algoritma dan Pemograman di SMK PGRI 1 Limau

Rayon nantinya bergantung dengan jenis jurusan dalam SMK tersebut. Nantinya akan dibentuk tim untuk mengecek langsung kondisi pelaksanaan di lapangan.

“Karena pandemi, jadi nanti akan disesuaikan. Nanti juga akan ada pembagian rayon dalam pelaksanaannya, jadi misalnya pelaksanaan UKK jurusan teknik mesin maka akan difokuskan di satu SMK. Tapi tetap pelaksanaan dengan prokes,” tambahnya. (rma/wdi)





  • Bagikan