Sebanyak 61 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lulus Seleksi Pelatihan Data Scientist

  • Bagikan
Sumber foto Universitas Teknokrat Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar Pelatihan Microcredential certification untuk data scientist.

Pelatihan ini didukung sepenuhnya ahli data scientist dari ITB, UI, ITS, UGM, Telkom University, Universitas Syiah Kuala, Universitas Gunadarma, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Udayana, Univesitas Hasanudin dan Universitas AMIKOM.


Sebanyak 61 mhs Universitas Teknokrat Indoensia berhasil lulus seleksi pada pelatihan yang diadakan via daring setelah berhasil menjawab 100 soal yang meliputi bidang algoritma dan pemograman, bidang Statistika dan Bidang Matematika dalam waktu 60 menit secara daring.

Setelah dinyatakan lulus mahasiswa mendapatkan pelatihan penuh selama 1 bulan 10 hari yang diadakan via daring oleh para mentor ahli data scientist dari perguruang tinggi pendukung.

Baca Juga:   Literasia ajak Kepala SMA/SMK se Lampung untuk Gunakan Aplikasi Perpustakaan dan Media Pembelajaran Digital

Berdasarkan rilis Universitas Teknokrat Indonesia, jumlah demand SDM kebutuhan ‘talent’ dunia di bidang teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan telah tumbuh sebesar 74% setiap tahun dalam 4 tahun terakhir. Dengan Machine Learning Engineer, Deep Learning Engineer, Data Scientist, dan Algorithm Developer sebagai ‘talent’ yang paling dicari.

Bank Dunia mengemukakan bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi digital talent gap. Indonesia membutuhkan 9.000.000 talent dalam kurun waktu lima belas tahun atau sekitar 600.000 talent pertahunnya untuk mengejar ketertinggalan.

Wakil Rektor I Dr. Mahathir Muhammad SE.,MM berharap para mahasiswa tersebut mendapat bekal awal yang sangat menunjang. “Kelak mereka dipersiapkan untuk menjadi data scientist handal yang akan siap menjawab tantangan pada dunia kerja yang semakin kompetitif,” katanya. (rls/wdi)

Baca Juga:   Tim Pencak Silat Universitas Teknokrat Indonesia Borong Medali di Kejuaraan Lampung Berjaya Virtual Cup

 





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan