Sebelas Mahasiswa dari Delapan Fakultas Unila Ikut Pilmapres

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Dalam seleksi kali ini, 11 Mahasiswa merupakan perwakilan dari 8 fakultas di Unila.

Salah satu mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini ialah Ranti Irjayani. Mahasiswi D3 Perpajakan FEB Unila mengungkapkan, karya ilmiahnya berjudul Si Bapak : Sistem Asistensi Bayar Pajak Guna Memaksimalkan Pendapatan Indonesia untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. “Karya ilmiah ini saya buat inisiatif, guna merealisasikan gagasan bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terkait edukasi pajak dan asistensi dalam membayar serta melapor pajak,” beber Ranti.

Melalui gagasan tersebut, Ranti yang juga pernah menjadi pemenang Newscasting Competition, E-health Skill Exploration, Unsoed, berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan edukasi dan asistensi melalui aplikasi yang digagas tersebut, serta membantu para wajib pajak untuk melakukan kewajibannya membayar pajak.

Baca Juga:   Unila Konservasi Anggrek lewat Campus Garden

“Ini pengalaman pertama saya. Saya sangat bersyukur bisa dipercaya untuk mewakili fakultas ke tingkat universitas. Harapan saya dapat menjadi wakil universitas di tingkat Sumatra dan nasional,” tutur mahasiswa angkatan 2018 tersebut.

Kemudian, Ahyarudi, salah satu peserta asal Fakultas Pertanian, Jurusan Agribisnis, mengungkapkan, pilmapres merupakan sarana baginya untuk menyebarkan inspirasi dan hal-hal positif. Apalagi, Pilmapres juga menjadi bentuk dedikasi untuk terus berprestasi agar bisa membawa nama baik kampus tercinta.

Dirinya membawa karya ilmiah yang berjudul Agribisa Center (pusat pengembangan sociopreneurship ubi kayu) Berbasis Inclusive Closed Loop System Menuju Decent Work and Economic Growth 2030. “Dengan karya ini, saya berharap bisa menjadi inovasi kelembagaan berbasis sociopreneurship yang komprehensif dan perwujudan Sustainable Development Goals(SDGs) poin 8, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga:   Kabar Duka, Guru Besar Unila Wafat

Selain itu, Ahyarudi pernah memiliki pengalaman mengikuti pilmapres ini mengatakan kegiatan ini bisa menambah wawasan dan saran yang bisa dievaluasi untuk pengembangan gagasan kreatif. “Sehingga dapat diimplementasikan langsung di lapangan. Kegiatan ini juga dapat melatih jiwa kompetisi serta menambah relasi,” ujarnya.

Pemenang Juara I Lomba Karya tulis Ilmiah Tingkat Nasional Mahasiswa, Universitas Negeri Medan 2021 ini berharap melalui pilmapres bisa menjadi role model Unila untuk tetap menyebarkan inspirasi dan semangat positif bagi mahasiswa dalam mengejar dan meraih prestasi.

Prof. Dr. Yulianto dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pilmapres bertujuan untuk meningkatkan jumlah gagasan kreatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal dari kampus. Bagi perguruan tinggi, pilmapres bertujuan untuk meningkatkan dan memerkuat kesadaran pengelola kampus dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa serta memberikan penghargaan mahasiswa berprestasi melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Baca Juga:   Unila Konservasi Anggrek lewat Campus Garden

Pilmapres tahun 2021 mengalami sedikit perubahan yakni mengintegrasikan assessment berbagai kemampuan yang dibutuhkan masyarakat. “Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup. Di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, dan karakter unggul lainnya,” jelasnya.

Ketua Baru Forum Bidang Kemahasiswaan Provinsi Lampung itu melanjutkan, dua indikator penilaian yang digunakan untuk pilmapres 2021 yaitu capaian unggulan yang harus diperhatikan terdiri dari berbagai kompetisi atau juara yang pernah dicapai mahasiswa berprestasi, recognition, penghargaan yang didapat, kemudian karir dalam organisasi pemberdayaan serta kewirausahaan. Indikator kedua, adalah gagasan kreatif mahasiswa yang dipresentasikan di depan juri dengan menggunakan bahasa Inggris. (rma/wdi)



  • Bagikan