Sebentar Lagi, Jual Beli Online Bakal Kena Pajak

Ilustrasi Online Shopping

radarlampung.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pastikan aturan mengenai pajak belanja online atau e-commerce bisa rampung paling cepat satu minggu ke depan. Aturan mengenai pajak e-commerce akan keluar lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Selain dipajaki, Enggar mengatakan nantinya barang-barang e-commerce yang dibeli dari luar negeri harus masuk ke dalam Pusat Logistik Berikat (PLB). Hal ini ditujukan untuk bisa menambah pemasukan negara melalui bea masuk. Kalau tidak begitu, maka barang-barang e-commerce dari luar negeri hanya akan lewat begitu saja.

BACA  Dormian: Aku Mau Ikut Anak Ku, Aku Mau Ikut Anak Ku!

“Saya mengusulkan barang dari luar yang masuk harus masuk Pusat Logistik Berikat dulu. Ini sekaligus mindahkan gudang. Kalau tidak, maka barang akan lewat saja dan kita tidak bisa kontrol sehingga tidak bisa charge biaya masuknya,” ujarnya.

BACA  Densus Banyak Amankan Terduga Terorisme, Ini Penjelasan Kapolda

Dia mengatakan, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kecemburuan antara e-commerce dan mal offline. Sebab, para retail yang membuka toko di ma berkewajiban membayar sewa toko, bayar pajak penghasilan, serta pajak pertambahan nilai (PPN). Untuk itu, dia pun menolak jika pajak e-commerce dibebaskan. (jpc/ynk)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here