Segera Daftar! Disnaker Lampung Buka Program Magang Disertai Insentif


Suasana lokasi pendaftaran program berbasis pemagangan di loket pendaftaran Disnaker Lampung, Senin (15/3). FOTO PRIMA IP/RADARLAMPUNG.CO.ID

Setelah, mendaftar berkas pencaker akan diserahkan ke perusahaan yang dituju, untuk diseleksi dan mulai mengikuti magang. Waktu program pelatihan berbasis pemagangan sendiri berlangsung selama lima bulan, di 28 perusahaan yang bekerjasama dengan Disnaker Lampung.

Selama proses magang lima bulan, para pesarta akan mendapat bekal dari Disnaker sebasar Rp5 juta. “Kita tidak memberi tuntutan untuk membebani perusahaan. Tapi kalau untuk dari kita akan diberikan uang saku Rp1 juta per bulan atau Rp5 juta untuk 5 bulan,” terangnya.





Program magang ini sendiri, kata Roswandi berbeda dengan kegiatan Job Fair. Jika Job Fair, perusahaan mencari calon tenaga kerja yang telah ada jobnya. Sedangkan magang ini perusahaan memberi sarana, tempat, dan melatih.

“Jadi bidang-bidang untuk magang dari berbagai jenis. 28 perusahaannya ada dari bidang marketing, managemen, las, dan lainnya. Memang tujuan dari program ini untuk mengurangi pengangguran. Sasaran utama mengenalkan pencaker ke dunia industri,” terangnya.

Tentu, nantinya pasca lima bulan pelatihan, jika perusahan membutuhkan tenaga kerja yang telah mengikuti magang akan direkrut menjadi karyawan. “Ya nanti bisa dilihat, kalau memang dibutuhkan langsung direkrut,” tuturnya.